Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ingin Buat Podcast? Ini Format dan Durasi Idealnya

Podcast memberikan layanan non streaming, multitasking, dan bersifat bisa diulang.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 30 Agustus 2020  |  19:21 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Siniar (podcast) menjadi salah satu media yang makin digemari untuk mendengarkan seputar ilmu pengetahuan, berita, dan informasi menarik lainnya.

VP Content and Community INSPIGO, Pradipta Nugrahanto mengungkapkan bahwa meskipun mirip radio, tetapi podcast sangat berbeda dengan radio. Pasalnya, podcast memberikan layanan non streaming, multitasking, dan bersifat bisa diulang.

Adapun dia mengatakan bahwa podcast juga memiliki format tertentu.

“Format podcast secara umum ada tiga, yakni monolog, conversional, dan story telling. Masing-masing punya keunggulan dan kesesuaian dengan podcaster-nya,” tuturnya lewat Kelas Podcast Siberkreasi, Minggu (30/8/2020).

Dia menjelaskan untuk monolog, konten podcast akan dibawakan oleh satu orang.

Menurutnya, keunggulan dari podcaster yang menggunakan format tersebut akan membuat pelaku menjadi sorotan utama dan mampu menambah etalase portofolio untuk kebutuhan branding. Hingga saat ini, masih sedikit peminat format tersebut karena perlu mendalami materi dengan matang.

Selanjutnya, adalah format conversational (percakapan) yang dibawakan oleh lebih dari satu orang dengan konsep dialog dan wawancara.

“Banyak yang mengambil jalur ini [percakapan] karena lebih mudah, karena host dari podcast ini tidak harus paham materinya, cukup tau apa yang baik untuk diwawancarakan dan undang narasumber yang cocok untuk isu tersebut,” jelasnya.

Lebih lanjut, Pradipta menyebutkan bahwa format terakhir adalah story telling. Adapun format ini terbagi dari tiga konten, yakni fiksi/non fiksi, drama audio, dan dokumenter.

Pradipta pun mengatakan bahwa dokumenter memiliki peluang besar di Podcast Tanah Air, lantaran peminatnya yang masih minim.

Selain format, ia mengatakan bahwa penting untuk podcaster melatih suaranya. Pasalnya, podcast merupakan media yang berfokus dengan audio.

Dia menyebutkan bahwa saat berbicara perlu bagi podcaster untuk memperhatikan intonasi, artikulasi, dan volume.

Dia juga menjabarkan bahwa idealnya durasi sebuah podcast hanya berkisar 10—30 menit. Hal ini untuk menghindari jenuhnya pendengar. 

“Dari survei podcast Dailysocial di 2018 kebanyakan orang merasa nyaman ketika mendengar podcast di bawah 10 menit (11,44 persen), paling banyak di 10—20 menit yaitu, 37,21 persen dan 20—30 menit [31,54 persen]. Sedangkan, di atas 30 menit hanya 19,81 persen,” jelasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

musik podcast
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top