XL Pacu Pembangunan BTS NB-IoT

Leo Dwi Jatmiko
Rabu, 26 Agustus 2020 | 10:25 WIB
Ilustrasi: Teknisi memasang prangkat base transceiver station (BTS) disalah satu tower di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (18/3/2020).
Ilustrasi: Teknisi memasang prangkat base transceiver station (BTS) disalah satu tower di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (18/3/2020).
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – PT XL Axiata menggenjot pembangunan BTS NB-IoT dan memperbanyak perangkat fleetech untuk mengantisipasi lonjakan permintaan solusi IoT pada semester II/2020.

Plt. Chief Technology Officer XL Axiata I Gede Darmayusa mengatakan bahwa perseroan berupaya untuk terus memberi dukungan penuh terhadap pengembangan industri Internet untuk segalanya (internet of things/IoT) di Indonesia.

Menurutnya pandemi Covid-19 telah mendorong sejumlah perusahaan untuk melakukan transformasi digital di berbagai bidang kehidupan. IoT sebagai salah satu teknologi kunci dalam inisiatif transformasi digital akan makin menemukan relevansinya dan berkembang.

XL Axiata, kata Gede, berkomitmen untuk menyediakan jaringan NB IoT sebagai solusi konektivitas IoT yang andal sesuai dengan kebutuhan dari para penyedia layanan IoT.

“Jaringan NB-IoT sudah dikembangkan di 35 kota di Indonesia dan akan terus diperluas ke kota-kota lain,” kata Gede kepada Bisnis, beberapa waktu lalu.

Sementara itu, Group Head Enterprise Product XL Axiata Sharif Lukman Mahfoedz mengatakan bahwa secara keseluruhan bisnis IoT XL Axiata saat ini masih terus berkembang untuk semester pertama tahun ini. Sayangnya, dia tidak menyebutkan pencapaian pertumbuhan tersebut.

Dia menambahkan bahwa selama masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB), terdapat pembatasan-pembatasan yang menyebabkan mobilitas kendaraan-kendaraan menurun. Hal ini cukup berdampak pada pengembangan IoT.

Namun, pada masa new normal ini, Sharif mencermati perusahaan-perusahaan berupaya menuju transformasi digital dan IoT berperan besar dalam digitalisasi tersebut.

“Terkait dengan kondisi tersebut, kami sedang mengantisipasi permintaan yang meningkat untuk produk fleetech [XL Fleet Management] pada semester kedua tahun ini untuk melayani kebutuhan korporat dan UMKM,” kata Sharif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Editor : Zufrizal
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper