Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Amazon Luncurkan Platform Streaming Video Interaktif

GM Amazon IVS Martin Hess mengungkapkan pelanggan telah meminta untuk menggunakan teknologi streaming video Twitch pada platform mereka sendiri untuk berbagai kasus penggunaan seperti pendidikan, ritel, olahraga, kebugaran, dan banyak lagi.
Lukas Hendra TM
Lukas Hendra TM - Bisnis.com 16 Juli 2020  |  22:08 WIB
Ilustrasi Amazon. - Antara/Reuters
Ilustrasi Amazon. - Antara/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA—Amazon Web Services, Inc. (AWS) mengumumkan ketersediaan umum Layanan Video Interaktif Amazon (Amazon IVS), sebuah layanan baru yang dikelola sepenuhnya yang membuatnya mudah untuk mengatur streaming video interaktif langsung untuk aplikasi web atau seluler hanya dalam beberapa menit.

GM Amazon IVS Martin Hess mengungkapkan pelanggan telah meminta untuk menggunakan teknologi streaming video Twitch pada platform mereka sendiri untuk berbagai kasus penggunaan seperti pendidikan, ritel, olahraga, kebugaran, dan banyak lagi.

"Sekarang dengan Amazon IVS, pelanggan dapat mengembangkan teknologi inovatif yang sama yang telah membuat Twitch lebih dari satu dekade untuk membangun dan memperbaiki. Setiap pengembang dapat membangun pengalaman streaming langsung yang interaktif ke dalam aplikasi mereka sendiri tanpa harus mengelola infrastruktur video yang mendasarinya,” katanya dalam keterangan resminya, Rabu (15/7/2020) waktu Seattle.

Senior Development Manager Amazon Live John Katsavrias mengungkapkan dengan Amazon IVS, menangani streaming video langsung sangat sederhana, yang berarti kita dapat mencurahkan lebih banyak waktu untuk memproduksi konten dan fitur menarik yang memungkinkan pemirsa untuk menonton. berinteraksi dengan pencipta secara real-time.

“Amazon IVS memungkinkan kami untuk bergerak cepat untuk membuka kemampuan pencipta kami untuk streaming langsung sehingga mereka dapat menghasilkan konten yang luar biasa yang menginspirasi pelanggan dan membantu mereka menemukan yang baru produk," ujarnya.

Amazon IVS menggunakan teknologi yang sama yang mendukung Twitch, salah satu layanan streaming langsung paling populer di dunia dengan hampir 10 miliar jam video ditonton pada tahun 2019. Layanan ini memberikan pelanggan konten langsung dengan latensi (waktu yang dibutuhkan video untuk beralih dari kamera ke penampil) yang dapat kurang dari tiga detik (secara signifikan lebih rendah dari 20-30 detik).

Dengan fitur tersebut, pelanggan dapat dengan mudah mengkonfigurasi dan melakukan streaming video langsung melalui situs web atau aplikasi seluler mereka sendiri, dengan pengiriman yang dapat diskalakan yang mendukung jutaan pemirsa bersamaan secara global.

Dengan Amazon IVS SDK dan API, pelanggan juga dapat membangun fitur ctive ke live stream mereka seperti ruang obrolan virtual, suara dan jajak pendapat, sesi tanya jawab dimoderasi, dan elemen promosi disinkronkan. Tidak ada biaya tambahan atau komitmen di muka yang diperlukan untuk menggunakan Amazon IVS, dan pelanggan hanya membayar input video ke Amazon IVS dan output video dikirim ke pemirsa.

Pemirsa daring semakin beralih ke aplikasi seluler dan web untuk video langsung melintasi olahraga, hiburan, pendidikan, dan pekerjaan. Pemirsa hari ini membutuhkan konten beresolusi lebih tinggi dan pemutaran video yang lancar tanpa buffering atau penundaan di mana pun mereka berada atau di perangkat atau aplikasi mana pun mereka berada.

Pemirsa juga datang untuk mengharapkan lebih banyak interaktivitas dalam streaming langsung, sehingga mereka dapat terlibat dengan pengalaman-pengalaman itu (dan yang lainnya menonton) ketika acara berlangsung, bukan beberapa saat setelah itu terjadi.

Saat ini, pelanggan membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk membangun aplikasi interaktif dengan alur kerja video untuk konsumsi, pemrosesan, dan distribusi konten. Mereka juga masih perlu mengonfigurasi transcoder untuk streaming yang diformat-bitrate-adaptif untuk mendukung berbagai jenis perangkat, pilih protokol streaming yang sesuai, atur jaringan pengiriman konten (CDN), dan integrasikan video. Bahkan setelah semua pekerjaan ini, konten interaktif live-streamed masih memerlukan latensi minimal untuk pengalaman pengguna yang baik.

Namun, streaming video tradisional membutuhkan video untuk diproduksi dalam berbagai resolusi dan dibagi menjadi beberapa segmen untuk pengiriman. Segmen-segmen ganda kemudian disimpan dalam sebuah buffer oleh pemutar video pemirsa sehingga resolusi pemutaran dapat diubah tergantung pada jaringan da perangkat pemirsa untuk mengoptimalkan kualitas layanan, yang semuanya menciptakan banyak latensi tambahan.

Ini dapat berarti bahwa pemirsa mengalami latensi 20-30 detik, membuat mustahil bagi pembuat konten untuk berinteraksi langsung dengan audiens mereka tanpa mengorbankan kualitas layanan.

Amazon IVS menghilangkan biaya dan kerumitan yang terkait dengan pengaturan streaming video langsung, interaktif, yang memungkinkan pelanggan untuk fokus membangun pengalaman menarik bagi pemirsa mereka.

Amazon IVS adalah layanan yang dikelola sepenuhnya yang membuat video streaming langsung berkualitas tinggi tersedia untuk pemirsa di sekitar dunia dengan latensi yang dapat kurang dari tiga detik (dibandingkan dengan 20-30 detik), sehingga pelanggan tidak perlu lagi melakukan pertukaran antara interaktivitas dan kualitas layanan.

Untuk memulai, pelanggan cukup mengirim video langsung mereka ke Amazon IVS menggunakan perangkat lunak streaming standar seperti Open Broadcaster Software (OBS). Amazon IVS mencerna video, lalu secara otomatis mentranskode dan mengoptimalkannya, menjadikannya tersedia untuk pengiriman langsung di seluruh infrastruktur global yang dikelola AWS dalam hitungan detik menggunakan teknologi transfer video yang sama yang digunakan Twitch untuk siaran langsungnya. layanan streaming.

Pembuat konten dan pengembang dapat menggunakan SDK pemain Amazon IVS untuk memberi pemirsa pengalaman streaming langsung yang konsisten dan latensi rendah ada di berbagai platform dan perangkat penayangan yang berbeda, tanpa mengurangi kualitas video atau meningkatkan buffering.

Pelanggan kemudian dapat menggabungkan Amazon IVS SDK dan API untuk melampirkan data teks terstruktur ke aliran video, dan membuat konten interaktif, termasuk polling, survei, dan papan peringkat semua yang secara otomatis disinkronkan ke video langsung.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

streaming amazon.com platform
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top