Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Pengemudi ojek daring mengenakan sekat pelindung saat menunggu penumpang di kawasan jalan Kendal, Jakarta, Rabu (10/6/2020). Penggunaan sekat pelindung untuk pembatasan antara pengemudi dan penumpang tersebut sebagai bentuk penerapan protokol kesehatan guna meminimalisir risiko penyebaran virus COVID-19 dalam menghadapi era normal baru. - ANTARA FOTO/Galih Pradipta
Premium

Ekosistem Startup Indonesia, Antara Talenta dan Banjir Pendanaan

01 Juli 2020 | 09:34 WIB
Jakarta diakui sebagai salah satu ekosistem penting dalam perkembangan startup global. Namun, masih ada pekerjaan rumah yang harus diselesaikan. Apakah itu?

Bisnis.com, JAKARTA — Ketika Jakarta dinobatkan berada di ranking kedua emerging ecosystems startup terbaik di dunia setelah Mumbai di India, sejumlah pertanyaan berkecamuk mengenai prospek pertumbuhan perusahaan rintisan di Indonesia.

Hal itu disampaikan dalam laporan Startup Genome bertajuk The Global Startup Ecosystem Report 2020 yang dirilis pada pekan lalu. Adapun indikator yang digunakan dalam pencatatan tersebut meliputi performa, pendanaan, jangkauan pasar, dan talenta digital.

Emerging ecosystems ini mengacu ke 100 ekosistem potensial setelah ekosistem terbaik global yang sudah matang. Adapun ekosistem terbaik global bagi perusahaan rintisan adalah Silicon Valley (AS), New York City (AS), London (Inggris), Beijing (China), dan Boston (AS).

Secara keseluruhan, ekosistem startup yang potensial dan terus berkembang ini berada di 49 negara dan bernilai US$348 miliar.

Angka tersebut memang baru separuh dari valuasi ekosistem Silicon Valley, yang sebesar US$677 miliar. Namun, sejak 2010, ekosistem-ekosistem ini telah menghasilkan 115 perusahaan rintisan yang memiliki valuasi miliaran dolar AS, dan hampir 60 di antaranya sudah menjadi unikorn maupun mendapat pendanaan miliaran dolar AS.

Mengacu ke empat indikator yang disebutkan sebelumnya, Jakarta hanya jatuh pada faktor talenta digital. Sebaliknya, Indonesia dinilai unggul dari sisi performa, pendanaan, dan jangkauan pasar.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top