Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Podcast: Makin Ramai, Makin Meroket

Platform podcast diperkirakan menjadi sektor industri kreatif baru yang akan terus berkembang.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 22 Juni 2020  |  11:48 WIB
ilustrasi podcast
ilustrasi podcast

Bisnis.com, JAKARTA – Bermunculannya pemain baru dalam di platform siniar (podcast), disinyalir menjadi pendorong untuk meroketnya industri tersebut di Tanah Air.

Hal itu disampaikan oleh Andi Wijaya (Awwe) dan Randhika Djamil yang merupakan podcaster Noice bertajuk podcast Berizik.

Menurut mereka makin banyak podcaster yang bermunculan justru sangat bagus bagi industry. Pasalnya, walaupun sekarang sedang berkembang pesat masih banyak orang di Indonesia yang belum mendengar atau bahkan tahu apa itu podcast.

“Dengan bertambahnya pelaku, bertambah juga jangkauan pendengar juga. Apalagi dengan tema podcast yang beragam. Ke depan, tumbang atau tidaknya [pelaku podcast] menurut kami adalah seleksi alam, tergantung apa tujuan utama si podcaster membuat podcast, seberapa suka dia dengan podcast,” ungkap Awwe saat dihubungi Bisnis, Senin (22/6/2020).

Sementara itu, Randhika mengatakan untuk bertahan dalam industri kreatif tidak memiliki rumus pasti. Dia mengatakan bahwa tidak ada definisi pasti soal apa yang disebut konten yang baik atau konten yang buruk. Setiap konten podcast yang dibuat akan menemukan penikmatnya masing-masing.

Lebih lanjut, imbuhnya, usaha yang bisa dilakukan adalah memastikan bahwa konten dapat sampai kepada pasar yang luas dengan strategi komunikasi dan pemasaran digital.

“Secara spesifik kami juga tidak tau cara pasti untuk mengumpulkan massa secara signifikan, tapi yang kami lakukan di Berizik adalah dengan konsisten berkarya, selalu menaikan standar kualitas, dan keep in touch dengan para pendengar kami seperti layaknya teman. Penting untuk disadari bahwa podcast yang baik menurut kami adalah podcast yang mampu menjadi teman bagi yang mendengar. Selayaknya teman, hubungan antara podcaster dan pendengarnya butuh terjalin,” ujarnya.

Randhika mengatakan bahwa tantangan ke depan adalah menjadi beda dari yang lain, tetap menjaga konsistensi, dan tidak merasa cepat puas.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

penyiaran siaran
Editor : Yustinus Andri DP
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top