10 Tren Teknologi Akan Jadi Peluang Bagi Startup

Newswire
Sabtu, 13 Juni 2020 | 20:24 WIB
Ilustrasi startup/
Ilustrasi startup/
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Riset dan Teknologi (Menristek)/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Bambang PS Brodjonegoro memprediksikan ada 10 tren teknologi yang akan berkembang saat periode kenormalan baru (new normal) nanti.

Bambang mengatakan, kesepuluh tren teknologi tersebut akan menjadi ceruk dan peluang bisnis yang menjanjikan bagi perusahaan rintusan atau startup Indonesia..

"Sepuluh tren ini jangan kita lihat sebagai darurat, justru harus kita lihat sebagai the new normal  atau the new future. Karena ini adalah bagian dari revolusi industri keempat," kata Menristek Bambang seperti dikutip dari Antara, Sabtu (13/6/2020).

Dia mengatakan, kesepuluh tren teknologi itu adalah belanja dalam jaringan (daring), pembayaran digital (digital payment), teleworking atau bekerja dari rumah, pelayanan medis jarak jauh atau telemedicine, pendidikan (teleeducation) dan pelatihan jarak jauh (teletraining), hiburan daring, rantai pasokan 4.0 (supply chain 4.0), 3D printing, robot dan drone, serta teknologi 5G dan teknologi informasi dan komunikasi.

Dia menilai, kesepuluh tren teknologi tersebut tidak hanya akan terjadi selama masa darurat wabah Covid-19, namun diperkirakan menjadi masa depan baru bagi Indonesia dan dunia.

Bambang menuturkan salah satu contoh inovasi dalam bidang telemedicine yang sudah diaplikasikan adalah Robot Medical Assistant ITS - Airlangga (Raisa) yang dikembangkan oleh Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) bersama Rumah Sakit Universitas Airlangga (RSUA).

Robot tersebut dapat menjalankan fungsi, antara lain memberikan makan, memberikan obat, sampai mengecek infus pasien. Dengan demikian perawat tidak perlu terlalu sering bertemu pasien untuk mengurangi eksposur terhadap Covid-19.

Tren teknologi yang sudah diminati banyak orang adalah belanja daring dan pembayaran digital yang juga mulai lebih dipilih kalangan milenial dan ibu-ibu dalam berbelanja dibandingkan dengan berbelanja secara langsung.

"Yang milenial pasti sudah seratus persen barangkali mengalihkan kegiatan belanjanya menuju e-commerce, bahkan untuk ibu-ibu yang biasanya lebih senang mencari sendiri ke supermarket sekarang lebih senang kalau bisa pesan lewat supermarket 'online' dan langsung diantar ke rumah. Ini berarti logistik sudah jalan," tutur Menristek Bambang.

Menristek Bambang mendorong para pemuda dan milenial, terutama dari perguruan tinggi untuk tidak hanya melihat startup dalam lingkup bisnis berbasis dalam jaringan  saja, tetapi juga mulai melihat bidang-bidang lain yang sudah harus menerapkan teknologi terbaru.

Salah satunya adalah startup di bidang genom bernama Nusantics yang didukung oleh Kementerian Riset dan Teknolohi/BRIN serta Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

Nusantics berhasil merancang perangkat tes Reverse Transcription Polymerase Chain Reaction_ (RT-PCR) untuk mendeteksi COVID-19 yang akan diproduksi massal oleh badan usaha milik negara PT Bio Farma.

"Startup itu tidak hanya untuk 'on demand' atau startup untuk 'e-commerce' atau 'digital payment', tapi juga startup di bidang kesehatan bahkan ada startup di bidang vaksin dengan pendekatan teknologi yang baru, jadi dia tidak hanya sekadar membuat vaksin tapi mengembangkan metode baru dalam pengembangan vaksin," ujar Bambang.

Menristek Bambang juga mendorong para startup untuk semakin banyak menciptakan aplikasi digital dalam sepuluh tren baru teknologi di normal baru karena ke depan kontak langsung dengan orang lain akan berkurang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper