Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Belajar Daring Lewat Google Classroom, Simak Manfaatnya

Kegiatan belajar mengajar masih bisa dilakukan jarak jauh tanpa bertatap muka menggunakan sejumlah platform digital. Salah satunya adalah Google Clasroom yang banyak digunakan oleh tenaga pengajar di seluruh dunia untuk menyampaikan materi belajar hingga menyelenggarakan ujian secara daring.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 09 Juni 2020  |  13:10 WIB
Google classroom
Google classroom

Bisnis.com, JAKARTA - Pandemi Covid-19 membuat kegiatan belajar mengajar di sekolah terpaksa dihentikan. Namun, bukan berarti kegiatan tersebut sepenuhnya berhenti.

Kegiatan belajar mengajar masih bisa dilakukan jarak jauh tanpa bertatap muka menggunakan sejumlah platform digital. Salah satunya adalah Google Clasroom yang banyak digunakan oleh tenaga pengajar di seluruh dunia untuk menyampaikan materi belajar hingga menyelenggarakan ujian secara daring.

Platform tersebut tidak memungut biaya sepeser pun kepada penggunanya, baik tenaga pengajar maupun murid yang menerima materi atau mengikuti ujian.

Namun, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi bagi mereka yang ingin menggunakan Google Classroom. Tentunya yang pertama adalah memiliki akun Google.

Kemudian terdapat pula batas minimal umur pengguna Google Classroom yang akan membuat kelas. Pengguna platform tersebut harus berusia 13 tahun atau lebih.

"Siapa pun yang berusia di atas 13 tahun dapat membuat kelas menggunakan Akun Google pribadi. Namun, jika sekolah Anda memiliki akun G Suite for Education, Anda harus menggunakan email tersebut untuk membuat kelas," demikian keterangan di pusat bantuan Google.

Google Classroom tersedia untuk perangkat desktop atau laptop dengan menggunakan web. Adapun untuk perangkat seluler berbasis Android atau iOS bisa menggunakan aplikasi.

Saat ini, aplikasi Google Classroom sudah diunduh lebih dari 50 juta pengguna perangkat Android di seluruh dunia.

Tenaga pengajar bisa mengelola semua dokumen yang dibutuhkan murid dalam pembelajaran. Dokumen pembelajaran dapat disimpan di Google Drive dan dapat diedit di aplikasi Drive, seperti Google Documents, Spreadsheet, dan sebagainya.

Selain itu, Google Classroom memungkinkan komunikasi antara tenaga pengajar dengan murid atau antarmurid lebih efektif.

Pengajar dapat membuat tugas, mengirim pengumuman, dan memulai diskusi kelas secara langsung. Adapun, murid-murid dapat berbagi materi antara satu sama lain dan berinteraksi di dalam kelas atau melalui surel.

Tenaga pengajar juga bisa melihat dengan cepat siapa saja yang sudah dan belum menyelesaikan tugas, serta langsung memberikan nilai dan masukan real-time.

Terakhir, yang tak kalah penting, Google Classroom terjangkau dan aman yang disediakan gratis untuk sekolah, lembaga nonprofit, dan perorangan serta tidak berisi iklan dan tidak pernah menggunakan konten pengguna atau data siswa untuk tujuan periklanan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

google belajar di rumah
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top