Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Sejumlah remaja menggunakan ponsel saat berkomunikasi di Medan, Sumatera Utara, Jumat (17/4/2020). - ANTARA FOTO/Septianda Perdana
Premium

Pasar Smartphone Siap 'Berbunyi' Lagi Usai Pandemi

28 Mei 2020 | 07:57 WIB
Pandemi virus corona menggerus pasar smartphone di Indonesia dan dunia. Sejumlah vendor, termasuk asal China, bersiap kembali genjot penjualan.

Bisnis.com, JAKARTA — Pasar gawai di Indonesia diproyeksi kembali menggeliat pada kuartal III/2020, menyusul tanda-tanda stabilitas pada periode tersebut setelah hantaman pandemi virus corona. Vendor ponsel pintar asal China diperkirakan bangkit.

Dalam keterangan di laman resmi International Data Corporation (IDC) yang dirilis pada Senin (18/5/2020), Market Analyst, Client Devices, IDC Indonesia Risky Febrian mengatakan pada kuartal I/2020, pengiriman smartphone turun 24,1 persen dibandingkan kuartal sebelumnya menjadi 7,5 juta unit. Angka tersebut merupakan yang terendah dalam 2 tahun terakhir.

Realisasi tersebut juga lebih rendah 7,3 persen dibandingkan kuartal I/2019. Selain disebabkan oleh faktor musiman, penyebab lainnya adalah dampak pandemi Covid-19.

Pada akhir Maret 2020, pemerintah mulai menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk mencegah penyebaran Covid-19, yang membuat gerai ritel ditutup. Hal ini pun berujung pada penurunan permintaan smartphone.

Data IDC Indonesia menjelaskan beberapa merek memang dilaporkan mampu mempertahankan bisnis pada 2 bulan pertama kuartal II/2020 karena gangguan pasokan komponennya hanya terjadi pada Maret 2020. Keberhasilan tersebut dikarenakan fasilitas produksi lokal dan pasokan komponen impor yang aman selama 2 bulan pertama kuartal I/2020.

"Dengan momentum Ramadan dan pandemi Covid-19 yang belum bisa diatasi di dalam negeri, pasar smartphone Indonesia akan terus mengalami turbulensi akibat berbagai faktor ekonomi sampai kuartal III/2020," terangnya.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top