XL Axiata Torehkan Kinerja Positif di Triwulan I 2020

Akbar Evandio
Senin, 11 Mei 2020 | 11:00 WIB
Karyawan beraktivitas di kantor XL Axiata. Bisnis/Arief Hermawan P
Karyawan beraktivitas di kantor XL Axiata. Bisnis/Arief Hermawan P
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) mempertahankan kinerja di periode 3 bulan pertama 2020 di tengah kompetisi industri telekomunikasi dan data yang terus meningkat, salah satunya peningkatan total pendapatan.

Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini mengatakan pendapatan perusahaan meningkat 9 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya (YoY) dan 1,3% dibandingkan kuartal sebelumnya (QoQ).

“Tiga bulan pertama setiap tahun selalu menjadi periode berat bagi operator. Namun, momentum positif dari kinerja 2019 ditambah dengan proposisi produk yang inovatif, serta kualitas jaringan kuat, telah berhasil membawa kami mewujudkan kinerja tetap kuat dan berkelanjutan pada triwulan 1 2020,” tuturnya lewat rilis resminya, Senin, (11/5/2020).

Selain itu, dari sisi penetrasi penggunaan smartphone, XL Axiata mencapai angka 86 persen pada akhir triwulan 1. Hal tersebut turut mendorong kenaikan pendapatan data sebesar 17 persen (YoY) yang berkontribusi sebesar 91 persen dari total pendapatan layanan (service revenue) perusahaan.

Total trafik sepanjang triwulan pertama tersebut meningkat 41 persen (YoY) dan 7 persen dibandingkan triwulan sebelumnya (QoQ).  Sejak memasuki masa anjuran bekerja dan belajar di rumah (WFH), trafik data meningkat 15% dibandingkan dengan periode sebelum WFH.

Namun, terjadi penurunan pelanggan XL Axiata pada periode ini menjadi hanya 55,5 juta, Hal ini karena persaingan yang semakin ketat. “Meski demikian, pendapatan rata-rata per pelanggan (ARPU) tetap stabil di 36 ribu, sama dengan kuartal sebelumnya (QoQ) dan meningkat sebesar 6 persen dibandingkan dengan 1Q 2019 (YoY),” jelasnya.

Dari sisi peningkatan dan perluasan kualitas jaringan, per akhir Maret 2020, XL Axiata telah memiliki lebih dari 133 ribu BTS, atau meningkat 9 persen (YoY).

“Lebih dari 43 ribu BTS di antaranya merupakan BTS 4G yang melayani pelanggan di 449 kota/kabupaten di berbagai daerah di Indonesia. Meski pandemi Covid-19, instalasi jaringan terus berjalan sesuai rencana tanpa gangguan dan mayoritas diharapkan akan selesai sebelum Lebaran,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Akbar Evandio
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper