Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Masyarakat Diimbau Hati-hati Beri Data Pribadi untuk Aplikasi

Masyarakat diimbau berhati-hati untuk menjaga kerahasiaan data pribadi, khususnya dalam mendaftar ragam aplikasi tertentu.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 15 April 2020  |  10:19 WIB
Ilustrasi - Reuters
Ilustrasi - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate mengimbau agar masyarakat lebih berhati-hati untuk menjaga kerahasiaan data pribadi, khususnya dalam mendaftar ragam aplikasi tertentu.

Dia menyampaikan hal tersebut ketika menjawab pertanyaan warganet, mengenai aplikasi bernama vtube melalui live di akun instagram IDN Media, Selasa, 14 April 2020.

Indonesia saat ini, akan segara hadir salah satu aplikasi yakni VTube, yang diketahui hampir sama cara kerjanya dengan youtube.

Adapun pendaftaran dengan syaratnya calon member harus berusia 17 tahun ke atas dan perlu memasukkan data berupa nama lengkap, nomor induk kartu tanda penduduk, atau surat izin mengemudi dan paspor serta nomor yang dapat dihubungi, sedangkan aplikasi belum itu belum di-launching di Indonesia.

Menanggapi kekhawatiran warganet, dalam live-nya Johnny menyampaikan untuk teliti sebelum memberikan informasi apa pun.

“Nah, untuk seperti itu, teliti dulu baik-baik dulu, aplikasi apa pun. Saat ini, kita mempunyai fasilitas gadget yang masuk era baru di transformasi digital, ruang digital itu harus penuh kehati-hatian, sebelum kita upload dan menggunakan [aplikasi tertentu] harap periksa baik-baik,” ungkapnya.

“Itu penting sekali untuk jaga kerahasiaannya, KTP itu salah satu sumber data pribadi, kami Kemkominfo juga memiliki tugas terkait data pribadi. Jadi, jangan terlalu cepat menggunakan data-data berbasis KTP, sekali data itu [bila] keluar dan masuk di big data, melalui AI [kecerdasan buatan], maka data kita bisa kemana mana dan tidak terkendali,” ujarnya.

Johnny kembali mengimbau agar masyarakat selalu berhati-hati. “Sekali lagi selalu hati hati, jangan sampai data kita digunakan secara salah.”

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kominfo aplikasi
Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top