Janji Tidak Akan PHK Karyawan, Bos Kopi Kenangan Rela Digaji Rp1

Kopi Kenangan menjanjikan tidak akan melakukan pemutusan hubungan kerja terhadap karyawannya di tengah tekanan akibat wabah corona. Sebagai gantinya, pimpinan perusahaan akan memangkas gajinya menjadi Rp1/bulan.
Rahmad Fauzan
Rahmad Fauzan - Bisnis.com 08 April 2020  |  14:41 WIB
Janji Tidak Akan PHK Karyawan, Bos Kopi Kenangan Rela Digaji Rp1
Aplikasi Kopi Kenangan. - Kopikenangan.com

Bisnis.com, JAKARTA – Salah satu perusahaan rintisan (startup) di bidang kopi yakni Kopi Kenangan menjanjikan tidak akan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap karyawannya.

CEO Kopi Kenangan Edward Tirtanata mengatakan, dia telah mengeluarkan memo kepada karyawannya yang berisi kepastian bahwa barista dan karyawannya tidak akan terkena kebijakan PHK. Kebijakan itu diambil kendati kondisi perekonomian nasional maupu global masih diliputi oleh tekanan dari wabah corona.

“Bukan hanya itu, pimpinan Kopi Kenangan juga telah mengambil langkah pertama untuk memastikan kelangsungan bisnis dengan hanya mengambil gaji Rp1/bulan mulai Maret 2020 sampai krisis ini berhasil diatasi,” ujarnya dalam siaran persnya, Rabu (8/4/2020).

Dia mengatakan, kebijakan perusahaan itu dilakukan untuk mendukung stabilitas finansial perusahaan yang terkena dampak akibat perlambatan ekonomi yang diakibatkan oleh pandemi corona atau Covid-19.

Di sisi lain, dia mengatakan perusahaan juga telah menganggarkan dana Rp15 miliar sepanjang 2020 untuk membantu berbagai pihak yang terkena dampak penyebaran Covid-19.

Dalam perinciannya Rp13 miliar dari anggaran itu digunakan untuk melindungi kesehatan dan keamanan pelanggan, barista serta produk Kopi Kenangan melalui pembelian mesin sterilisasi, hand sanitizer, alat pengecek temperatur dan sarung tangan serta masker non-medis.

Sementara sisa Rp2 miliar akan didonasikan langsung kepada beberapa partner yang bekerja bersama Kopi Kenangan dalam mengatasi dampak pandemi Covid-19.

“Merespon kondisi saat ini, Kopi Kenangan berkomitmen untuk ikut berkontribusi dalam menghadapi pandemi ini. “Kopi Kenangan sadar bahwa pandemi Covid-19 “memaksa” kita untuk beradaptasi dengan melakukan berbagai perubahan sekaligus mengubah cara hidup sehari-hari,” ujarnya.

Adapun, Sejak 9 Maret 2020, Kopi Kenangan telah meluncurkan kampanye SENANG (Sehat Bersama Kenangan) untuk melindungi kesehatan dan keselamatan pelanggan serta karyawan..

Selain itu startup tersebut juga telah mendistribusi 50.000 cangkir kopi gratis untuk para tenaga medis yang menjadi ujung tombak dalam menghadapi pandemi global ini. Kopi Kenangan dikirimkan secara gratis ke rumah-rumah sakit yang menangani kasus Covid-19.

Sebelumya, pada Desember 2019 lalu, Kopi Kenangan mengumumkan tambahan pendanaan seri A yang tidak disebutkan angkanya dari sejumlah investor.

Investor dalam pendanaan kali ini dating dari Arrive, salah satu perusahaan di bawah Roc Nation—agensi dunia hiburan yang didirikan oleh selebritis AS Jay Z; Serena Ventures; pebasket ternama Caris LeVert; serta CEO dan Pendiri Sweetgreen Jonathan Neman.

Sequoia India, yang memimpin pendanaan Serie A senilai US$20 juta pada Juni 2019 lalu, juga berpartisipasi dalam putaran pendanaan tersebut.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kopi, phk, StartUp

Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
Editor : Yustinus Andri DP
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top