Kemenkominfo Kembali Selenggarakan Online Academy DTS 2020

Rahmad Fauzan
Jumat, 3 April 2020 | 22:26 WIB
ilustrasi./ Antara
ilustrasi./ Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) kembali menyelenggarakan Online Academy dalam Program Digital Talent Scholarship (DTS) 2020 guna meningkatkan produktivitas masyarakat Indonesia dalam situasi darurat wabah virus korona atau Covid-19.

Kepala Badan Litbang SDM Kemenkominfo Basuki Yusuf Iskandar mengatakan program beasiswa tersebut bertujuan mendukung arahan Presiden mengenai physical distancing sekaligus untuk meningkatkan keterampilan di bidang teknologi dan informasi yang bisa dilaksanakan dari rumah.

"Peserta Online Academy akan belajar secara mandiri secara online dan peserta mengatur waktu belajar secara mandiri dan terjadwal sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Berkisar antara 1 hari sampai 9 minggu sesuai dengan tema yang dipilih," tutur Basuki Yusuf Iskandar dalam keterangan resmi, Jumat (3/4/2020).

Adapun, program pelatihan tersebut terbuka untuk Warga Negara Indonesia (WNI) dan dapat mendaftar dengan cara menunjukkan identitas Kartu Tanda Penduduk atau Kartu Keluarga saat pendafataran.

Basuki menambahkan beasiswa pelatihan Online Academy juga terbuka bagi penyandang disabilitas dengan sarana prasarana disediakan oleh peserta secara mandiri.

Dalam penyelenggaraannya, kemenkominfo bekerjasama dengan perusahaan teknologi global, Asosiasi Digital Marketing, dan beberapa mitra lainnya. 

Sebagai informasi, pendaftaran dilakukan online melalui laman digitalent.kominfo.go.id. dan persyaratan khusus bagi setiap tema akan berbeda.

Sebagai informasi, program DTS 2020 ditargetkan menjangkau 60.000 peserta dari seluruh Indonesia. Selain Online Academy terdapat juga beberapa akademi lainnya seperti Thematic Academy, Digital Entrepreneurship Academy, Fresh Graduate Academy, Vocational School Graduate Academy, Coding Teacher Academy, dan Regional Development Academy.

Penyelenggaran akademi itu bekerja sama dengan beragam mitra penyelenggara seperti perguruan tinggi, Global Tech Company antara lain Cisco, Google, Red Hat Indonesia, Progate, AWS Educate, Facebook, IBM Indonesia, Oracle Academy, Asosiasi Digital Marketing Indonesia, dan mitra lainnya. 

Kementerian Kominfo juga menyiapkan pendampingan lulusan pelatihan melalui aplikasi Simonas. Tujuannya agar dapat memfasilitasi bertemunya talenta digital dengan peluang kerja dan usaha di berbagai perusahaan teknologi atau peluang wirausaha lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmad Fauzan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper