Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tips Membersihkan Handphone dari Virus Corona

Penderita virus yang batuk atau bersin dapat melemparkan virus ke sejumlah perangkat di dekatnya, yang dikhawatirkan perangkat tersebut kemudian digunakan oleh orang lain.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 05 Maret 2020  |  13:41 WIB
Tips Membersihkan Handphone dari Virus Corona
Hindari penularan virus corona (Covid-19) dengan membersihkan handset gawai secara rutin dan benar - Dwi Prasetya

Bisni.com, BANDUNG – Kebersihan ponsel pintar, laptop dan perangkat handset lainnya menjadi perhatian di tengah wabah virus corona yang menjalar di Indonesia. Beberapa laporan menyebutkan bahwa handset dapat menjadi mediator dalam penularan virus corona.

Penderita virus yang batuk atau bersin dapat melemparkan virus ke sejumlah perangkat di dekatnya, yang dikhawatirkan perangkat tersebut kemudian digunakan oleh orang lain.

Lantas, bagaimana tips dan cara yang tepat dalam menjaga kebersihan gawai kita dari virus corona? Dilansir dari Wired berikut sejumlah tips yang dapat dilakukan untuk menjaga gawai anda tetap steril dari berbagai virus, termasuk virus corona.

1. Bersihkan Handphone Anda dengan Lembut

Ketika hendak membersihkan gawai, perlu ingat bahwa kelembutan adalah kuncinya. Gawai adalah barang elektronik yang mahal dan rumit, jadi Anda pasti tidak ingin membersihkannya secara kasar sehingga merusak komponen dari gawi itu sendiri.

Gunakan tisu yang lembut dan steril untuk menghilangkan noda jari pada layar. Penggunaan tisu yang lembut akan memangkas risiko atas goresan di layar gawai. Adapun untuk bahan-bahannya, gunakan saja bahan-bahan pembersih sederhana dan umum untuk mendapatkan handset Anda bebas kuman.

2. Matikan Perangkat

Sebelum Anda mulai membersikan, matikan perangkat, lepaskan case, dan cabut aksesori apapun sehingga Anda memiliki akses penuh ke ponsel. Alat pembersih utama Anda harus berupa kain mikrofiber. Apa pun yang lunak dan tidak akan menggores ponsel Anda akan berhasil, meskipun Apple secara khusus merekomendasikan kain lensa kamera, jika Anda ingin mengikuti sarannya.Gunakan Sedikit Cairan

Ini adalah ide yang baik untuk memulai tanpa cairan sama sekali, hanya sedikit tekanan, tetapi jika diperlukan maka Anda dapat menambahkan air hangat dan sabun ke dalam campuran. Gunakan dengan hemat, aplikasikan dengan kain Anda, dan keringkan perangkat dengan hati-hati dengan kain lain. Pastikan untuk menghindari kelembaban di sekitar port dan tombol.

Jika ponsel Anda memiliki nilai IP68 penuh untuk waterproofing — dan periksa tiga kali spesifikasinya sebelum Anda mencoba ini — maka Anda dapat meletakkan ponsel dalam semangkuk air bersih selama beberapa menit, kemudian biarkan mengering di atas tisu atau oleskan pelembab dengan kain.

3. Tisu Pembersih yang Disarankan

Laporan Google menyebutkan bahwa tidak masalah menggunakan tisu pembersih pada handset Pixel, tetapi gunakan dengan hemat, jauh dari port dan tombol. Jika mungkin beli yang telah disetujui secara khusus untuk digunakan pada elektronik.

4. UltraViolet

Pilihan lain adalah menggunakan cahaya ultraviolet untuk membersihkan kuman. Blitzing UV cukup kuat untuk membunuh kuman namun, alat tersebut tidak dijamin untuk membunuh setiap jenis bakteri di luar sana, termasuk di setiap celah tunggal di ponsel Anda. Metode Ultraviolet adalah metode alternatif yang mungkin dapat digunakan.

5. Bersihkan Keyboard dan Mouse Anda

Ketika datang untuk membersihkan perangkat handset lain, aturan yang sama juga berlaku. Pikirkan tentang perangkat yang paling sering terhubung dengan anda, seperti keyboard dan mouse.

Periferal ini sedikit lebih kuat daripada ponsel cerdas Anda, sehingga Anda dapat mengambil langkah yang lebih agresif.

Mulailah dengan membersihkan kotoran di sekitar keyboard dan gunakan tisu desinfektan. Hindari menggunakan bahan kimia pembersih yang keras atau jenis pemutih apa pun, karena Anda dapat merusak lapisan gadget Anda.

Keyboard dan mouse biasanya tidak kedap air dengan cara yang sama dengan ponsel, jadi jaga kelembaban tetap minimum dan pastikan Anda benar-benar mengeringkan semuanya.

Salah satu tren menarik yang telah kita lihat dalam beberapa tahun terakhir adalah gel pembersih keyboard. Anda cukup menggulung gel di keyboard Anda dan menyerap semua kotoran dan kuman saat melintas, mengalir di antara celah dan celah untuk mengambil puing-puing dan meninggalkan keyboard Anda seperti baru. Peringatan penting: Kami belum mencoba ini sendiri dan tidak dapat menjaminnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

smartphone handphone corona Virus Corona headset
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top