Kolaborasi Fintech dan Bank Bisa Bantu Modal UMKM

Akbar Evandio
Selasa, 3 Maret 2020 | 20:03 WIB
Pengunjung melihat produk UMKM di Jakarta, belum lama ini. Bisnis/Abdurachman
Pengunjung melihat produk UMKM di Jakarta, belum lama ini. Bisnis/Abdurachman
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — PT Mitrausaha Indonesia Grup (Modalku) meyakini kerja sama antara bank dan fintech makin aktif dilakukan guna membantu pendanaan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Co-Founder & CEO Modalku Reynold Wijaya mengatakan kerja sama yang sudah dijalankan dengan Bank Sinarmas, yang menjadi pengelola rekening penampungan salama proses pemberian pinjaman berlangsung. Adapun, kerja sama juga dilakukan dengan beberapa BPR, seperti BPR Varia, BPR BBTM, dan BPR Kanti.

"Bentuk kerja sama yang dijalankan adalah pendanaan bersama dengan beberapa institusi keuangan secara kolektif mendanai pinjaman UMKM,” terangnya saat dihubungi Bisnis.com, Selasa (3/3/2020).

Menurutnya, sistem pendanaan ini dijalankan ketika nilai pinjaman yang diajukan peminjam terlalu besar untuk dibiayai satu bank atau satu institusi keuangan. Kerja sama yang terbaru adalah dengan menggandeng Bank BCA untuk menjalankan penerusan pinjaman kepada UMKM.

Dia berpendapat adanya kolaborasi dengan bank, maka akan makin banyak UMKM yang mendapatkan kesempatan dan kemudahan terhadap akses pendanaan untuk bisa berkembang. Selain itu, dengan adanya Bank Sinarmas sebagai bank kustodian, keamanan dana UMKM yang meminjam juga lebih terjamin.

“Potensinya cukup baik, seperti halnya kerjasama antara Modalku dengan BPR, memungkinkan lebih banyak pengguna yang dijangkau sehingga tidak hanya terbatas pada cakupan wilayah operasional,” terangnya.

Reynold percaya bahwa BPR lebih mengenal karakteristik dan kebutuhan dari masyarakat di daerah operasionalnya.

“Keuntungan yang didapatkan adalah antara Modalku dan BPR bisa saling melengkapi layanan yang diberikan kepada UMKM,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Akbar Evandio
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper