Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kolaborasi Fintech dan Bank Bisa Bantu Modal UMKM

Sistem pendanaan ini dijalankan ketika nilai pinjaman yang diajukan peminjam terlalu besar untuk dibiayai satu bank atau satu institusi keuangan.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 03 Maret 2020  |  20:03 WIB
Pengunjung melihat produk UMKM di Jakarta, belum lama ini. Bisnis - Abdurachman
Pengunjung melihat produk UMKM di Jakarta, belum lama ini. Bisnis - Abdurachman

Bisnis.com, JAKARTA — PT Mitrausaha Indonesia Grup (Modalku) meyakini kerja sama antara bank dan fintech makin aktif dilakukan guna membantu pendanaan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Co-Founder & CEO Modalku Reynold Wijaya mengatakan kerja sama yang sudah dijalankan dengan Bank Sinarmas, yang menjadi pengelola rekening penampungan salama proses pemberian pinjaman berlangsung. Adapun, kerja sama juga dilakukan dengan beberapa BPR, seperti BPR Varia, BPR BBTM, dan BPR Kanti.

"Bentuk kerja sama yang dijalankan adalah pendanaan bersama dengan beberapa institusi keuangan secara kolektif mendanai pinjaman UMKM,” terangnya saat dihubungi Bisnis.com, Selasa (3/3/2020).

Menurutnya, sistem pendanaan ini dijalankan ketika nilai pinjaman yang diajukan peminjam terlalu besar untuk dibiayai satu bank atau satu institusi keuangan. Kerja sama yang terbaru adalah dengan menggandeng Bank BCA untuk menjalankan penerusan pinjaman kepada UMKM.

Dia berpendapat adanya kolaborasi dengan bank, maka akan makin banyak UMKM yang mendapatkan kesempatan dan kemudahan terhadap akses pendanaan untuk bisa berkembang. Selain itu, dengan adanya Bank Sinarmas sebagai bank kustodian, keamanan dana UMKM yang meminjam juga lebih terjamin.

“Potensinya cukup baik, seperti halnya kerjasama antara Modalku dengan BPR, memungkinkan lebih banyak pengguna yang dijangkau sehingga tidak hanya terbatas pada cakupan wilayah operasional,” terangnya.

Reynold percaya bahwa BPR lebih mengenal karakteristik dan kebutuhan dari masyarakat di daerah operasionalnya.

“Keuntungan yang didapatkan adalah antara Modalku dan BPR bisa saling melengkapi layanan yang diberikan kepada UMKM,” ujarnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

fintech
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top