Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Siswa SMA Batik 1 Solo mengantre untuk menunjukkan transaksi pembayaran non tunai Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) lewat GoBills di sekolah setempat, Solo, Jawa Tengah, Selasa (18/2/2020). Pembayaran SPP non tunai tersebut sebagai upaya penerapan digitalisasi sekolah dan mempermudahkan orang tua siswa dalam membayar biaya sekolah. - ANTARA FOTO/Maulana Surya
Premium

Ekspansi Dompet Digital ke Sektor Edukasi

21 Februari 2020 | 16:28 WIB
Sistem pembayaran digital di Indonesia kian berkembang didukung oleh besarnya populasi. Kini, ekspansi berjalan ke sektor pendidikan.

Bisnis.com, JAKARTA — Perkembangan sistem pembayaran digital yang didukung oleh besarnya pasar di Indonesia mendorong layanan ini untuk makin ekspansif. Bermula dari mempermudah pembayaran layanan transportasi dan e-commerce, sektor pendidikan sekarang menjadi incaran.

Mengacu ke laporan Google Temasek e-Conomy SEA 2019, nilai pembayaran digital diproyeksi menembus US$1 triliun pada 2025. Sementara itu, dompet digital diperkirakan tumbuh menjadi lebih dari US$114 miliar pada periode yang sama.

Kini, Gojek dan Ovo pun menjajal bisnis jasa pembayaran digital untuk institusi pendidikan. Keduanya menawarkan saluran pembayaran Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) bagi sekolah dan Uang Kuliah Tunggal (UKT) bagi universitas secara daring.

GoPay melalui fitur GoBills di aplikasi Gojek merilis layanan pembayaran biaya pendidikan dengan merambah 180 lembaga pendidikan seperti pesantren, madrasah, sekolah, dan tempat kursus di Indonesia yang telah terdaftar di GoBills.

Seorang pelanggan menggunakan Go-Pay untuk berbelanja buah di Pasar Modern Town Market, Kota Tangerang, Kamis (4/4/2019)./Bisnis-Leo Dwi Jatmiko

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top