Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Mengelola Catatan Pribadi dengan Zoho Notebook

Tidak puas dengan aplikasi yang saat ini Anda gunakan untuk menyimpan catatan? Zoho Notebook mungkin patut Anda lirik.
Gombang Nan Cengka
Gombang Nan Cengka - Bisnis.com 19 Januari 2020  |  12:30 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Tidak puas dengan aplikasi yang saat ini Anda gunakan untuk menyimpan catatan? Zoho Notebook mungkin patut Anda lirik.

Zoho (https://www.zoho.com) lebih dikenal sebagai penyedia layanan dan aplikasi buat korporasi.

Namun, sebenarnya beberapa aplikasinya, seperti Zoho Notebook, juga tersedia untuk pengguna perorangan secara gratis.

Zoho Notebook tersedia baik untuk ponsel (Android dan iOS), desktop (Windows dan macOS). Bila Anda enggan memasang aplikasinya, Anda bisa mengaksesnya sebagai aplikasi situs jejaring di peramban.

Untuk menggunakan aplikasi ini, kita terlebih dahulu harus membuat akun di Zoho. Untungnya, kita bisa masuk log dengan akun Google, Microsoft, LinkedIn, Facebook atau Twitter.

Sayangnya, ketika menggunakan aplikasi desktop di Windows, Google menolak untuk masuk log dari Zoho. Kesulitan ini tidak saya temukan ketika menggunakan versi web dan ponselnya.

Untuk membuat catatan, kita bisa menyimpannya di dalam kartu-kartu (card).  Antarmuka Zoho Notebook mengingatkan saya dengan aplikasi Google Keep, yang sama-sama berbasis kartu. Namun, ada beberapa perbedaan penting.

Salah satunya adalah fi tur Notebook, yang berguna buat mengelompokkan beberapa kartu dalam satu ‘buku’. Fitur ini membuat Zoho Notebook lebih baik dibandingkan dengan Evernote yang juga memiliki fi tur serupa.

Tidak heran bila Zoho menyediakan alat khusus untuk pengguna Evernote yang ingin migrasi. Anda bisa memberi gambar sampul untuk tiap ‘buku’ ini. Bila Anda tidak memilih gambar apa-apa, Zoho akan memilihkan gambar standar (stock) untuk Anda.

Ada beberapa jenis kartu yang disediakan Zoho Notebook: teks, daftar centang (checklist), audio, foto, sketsa, dan berkas. Masing-masing kartu menampung jenis data berbeda-beda.

Pembagian jenis data ini tidak ketat. Kartu teks misalnya, sebenarnya cukup fleksibel. Anda bisa menggunakannya untuk menyimpan catatan berbentuk teks, tetapi kartu ini juga bisa dibuat untuk menyimpan daftar tugas (berbentuk checklist), gambar, foto, audio, dan sketsa.

Namun, tidak ada fi tur tambahan yang tersedia pada jenis kartu lain.Sebagai contoh, meskipun kita bisa menambahkan foto ke dalam kartu teks, pada aplikasi ponsel kartu foto memiliki kemampuan lain seperti pemindaian teks.

Pada kartu foto, Anda bisa memotret kartu nama, dan Zoho Notebooks akan mendeteksi antara lain informasi nama, surel, nomor telepon secara otomatis dan menyimpannya. Anda juga bisa menyimpan data kontak ini ke dalam buku alamat.

Kartu ini juga bisa digunakan untuk menyimpan pindaian dokumen dan tentunya foto biasa, baik yang tersimpan di galeri ataupun foto baru.

Tiap kartu akan menyimpan secara otomatis lokasi tempat kartu itu dibuat pertama kali. Kita bisa menambahkan tag/label untuk membantu pencarian
dan klasifi kasi kartu.

Bila Anda perlu menindaklanjuti atau meninjau suatu catatan pada waktu mendatang, Anda bisa menambahkan pengingat (reminder) buat kartunya.

Bila Anda khawatir akan keamanan data di dalam catatan Zoho Notebook, Anda bisa menambahkan kata sandi (passphrase).

Bila Anda menyukai antarmuka Google Keep tetapi perlu fi tur seperti notebook atau pengenalan teks, Zoho Notebook merupakan alternatif menarik.

Perlu diingat bahwa ada pula fi tur yang tersedia pada Google Keep seperti kolaborasi yang belum tersedia di Zoho Notebook.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

android
Editor : Sutarno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top