Simplenote, Aplikasi Sederhana Penyimpan Catatan

Tidak puas dengan aplikasi catatan yang Anda gunakan sekarang? Bagi sebagian orang, aplikasi seperti Evermote, OneNote, atau bahkan Google Keep mungkin terasa terlalu rumit.
Gombang Nan Cengka
Gombang Nan Cengka - Bisnis.com 04 Januari 2020  |  18:59 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Tidak puas dengan aplikasi catatan yang Anda gunakan sekarang? Bagi sebagian orang, aplikasi seperti Evermote, OneNote, atau bahkan Google Keep mungkin terasa terlalu rumit.

Anda mungkin hanya perlu aplikasi sederhana untuk menyimpan gagasan, pemikiran, dan data. Aplikasi seperti Simplenote mungkin yang Anda butuhkan.

SimpleNote dibuat oleh Automattic, pengembang yang lebih dikenal dengan produk lainnya, WordPress. Karena itu tidak mengherankan bila Simplenote juga terintegrasi dengan produk blognya itu.

Simplenote tersedia sebagai aplikasi ponsel di Android dan iOS. Kita juga bisa menggunakan aplikasi webnya di situs web https://www.simplenote.com.

Ketika pertama kali memasang aplikasinya di ponsel, atau membuka situs webnya, Anda bisa menggunakan akun WordPress.com untuk masuk log.

Sebagai alternatif, Anda bisa membuat akun baru dengan alamat surel. Seperti namanya, SimpleNote memiliki antarmukayang sederhana dan fitur minimal. Anda hanya akan disuguhkan fasilitas untuk memasukkan teks polos secara default. Pada aplikasi ponsel, Anda juga bisa menampilkan kotak centang
(checkbox). Ini memungkinkan Simplenote digunakan untuk daftar tugas atau daftar belanja.

Bila Anda ingin memformat tampilan catatan, Anda bisa menggunakan bahasa Markdown, tetapi ini harus diaktifkan terlebih dahulu. Bahasa Markdown sendiri sebenarnya tidak terlalu sulit dipelajari.

Anda bisa memformat teks dalam catatan Simplenote untuk menampilkan judul, daftar berurut dan tidak berurut, cetak tebal, miring, garis bawah, menambahkan URL, dan seterusnya. Tutorial bahasa Markdown bisa dibaca di https://www.markdownguide.org/.

SimpleNote memiliki fitur History yang memudahkan Anda kembali ke versi sebelumnya dari suatu catatan.

Ini memudahkan bila Anda menggunakan aplikasi ini untuk mengonsep artikel. Bila tidak puas dengan perkembangan tulisan, Anda bisa menggunakan fitur ini untuk kembali ke versi terdahulu.

KOLABORASI
Salah satu kelebihan SimpleNote adalah kemampuannya untuk dibagikan kepada publik. Bila Anda punya blog di WordPress.com, Anda bisa mempublikasi catatan Anda sebagai entri blog baru di sana.

Tentunya sebelumnya Anda sudah harus masuk log aplikasi dengan akun WordPress.  Ini membuat SimpleNote menjadi alternatif lain untuk menulis blog di WordPress.com, selain aplikasi resminya yang lebih kompleks.

Namun tidak ada keharusan Anda untuk membuat blog di WordPress.com untuk berbagi catatan Anda kepada publik. Anda bisa memanfaatkan fitur tautan publik, yang bisa dibagikan ke orang lain atau dipublikasi lewat media sosial.

Bila Anda ingin menuliskan artikel yang terlalu panjang buat Twitter misalnya, Anda bisa menuliskan kicauan Anda di SimpleNote lalu membagi tautan publik
catatan Anda di media sosial tersebut.

Catatan yang dibuat di Simplenote juga bisa dibagikan ke pengguna lain aplikasi ini untuk kolaborasi. Cukup masukkan alamat surelnya di menu Share lalu ke Collaborate, dan teman Anda sesama pengguna SimpleNote bisa melihat dan menyunting catatan yang Anda bagikan.

Kekurangan terbesar SimpleNote ini mungkin adalah belum ada dukungan untuk mengunggah berkas (gambar/video), atau menyimpan catatan suara (voice note).  Bila Anda memerlukan kedua fitur ini, Simplenote bukan aplikasi yang cocok.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
android

Editor : Sutarno
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top