Gerhana Matahari Cincin, Lapan Gelar Pengamatan di Siak dan Singkawang

Arif Gunawan
Selasa, 24 Desember 2019 | 10:22 WIB
Gerhana matahari pada Maret 2016/Reuters-Ilustrasi
Gerhana matahari pada Maret 2016/Reuters-Ilustrasi
Bagikan

Bisnis.com, PEKANBARU - Lapan akan menyelenggarakan berbagai kegiatan dalam rangka menyambut fenomena alam gerhana matahari cincin 2019 pada 26 Desember 2019.

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) akan memusatkan kegiatannya di Kabupaten Siak, Kampung Bunsur, Riau dan Kota Singkawang, Kalimantan Barat.

Kepala Bagian Humas Lapan Jasyanto dalam keterangan resminya menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan antara lain pengamatan gerhana matahari cincin (GMC) dan edukasi keantariksaan.

"Untuk melakukan pengamatan Lapan akan berkolaborasi dengan astronom, ilmuwan di bidang keantariksaan dan komunitas astronomi (dalam dan luar negeri). Pengamatan ini untuk melihat pengaruh fenomena gerhana matahari cincin ke Bumi," ujarnya Selasa (24/12/2019).

Untuk kegiatan edukasi keantariksaan, Lapan akan menghadirkan mini planetarium, talkshow seputar fenomena gerhana matahari cincin, pameran hasil litbang Lapan, pemutaran film sains dan sosialisasi ke beberapa sekolah dan perguruan tinggi. 

Lapan juga berkolaborasi dengan Ristekdikti menghadirkan workshop teropong lubang jarum untuk 100 peserta serta pameran fotografi gerhana matahari dan camera obscura.

Gerhana matahari cincin akan melintasi wilayah Indonesia pada 26 Desember 2019 dan Kabupaten Siak, Riau menjadi lokasi yang paling ideal untuk menyaksikan fenomena alam tesebut.  GMC ini dipredikasi akan dimulai pukul 12.15 WIB, memasuki fase puncak pada pukul 12.17 WIB, dan berakhir pada pukul 12.19 WIB.

Sementara itu, untuk Kota Singkawang, Kalimantan Barat gerhana matahari cincin akan bisa terlihat sebagian sekitar pukul 10.43 WIB. Sedangkan puncak gerhana matahari cincin terjadi pada pukul 12.42 WB dan berakhir pada pukul 14.31 WIB. 
 
"Untuk menyukeskan kegiatan ini Lapan telah bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Siak dan Pemerintah Kota Singkawang dengan diselenggarakannya  berbagai kegiatan lainnya seperti pertunjukan musik, bazar, kuliner, tabligh akbar, sholat gerhana berjamaah dan pengamatan GMC serta pemecahan rekor MURI untuk kaca mata gerhana terbesar yang akan berlangsung di Kampung Bunsur, Kabupaten Siak," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Arif Gunawan
Editor : Saeno
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper