XL Axiata Tunjuk Huawei Sebagai Salah Satu Mitra Jaringan Inti Siap 5G

PT XL Axiata Tbk. bersama Huawei Technology menandatangani perjanjian kesepakatan terkait kesiapan jaringan inti 5G di Jakarta. Rencananya pembangunan jaringan inti tersebut akan dimulai pada pertengahan November 2019.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 17 Oktober 2019  |  17:39 WIB
XL Axiata Tunjuk Huawei Sebagai Salah Satu Mitra Jaringan Inti Siap 5G
PT XL Axiata Tbk. bersama Huawei Technology menandatangani perjanjian kesepakatan terkait kesiapan jaringan inti 5G di Jakarta, Kamis (17/10/2019) - Bisnis/Leo Dwi Jatmiko

Bisnis.com, JAKARTA — PT XL Axiata Tbk. bersama Huawei Technology menandatangani perjanjian kesepakatan terkait kesiapan jaringan inti 5G di Jakarta. Rencananya pembangunan jaringan inti tersebut akan dimulai pada pertengahan November 2019.

Group Head Corporate Communication XL Axiata Tri Wahyuningsih mengatakan jaringan inti tersebut nantinya juga akan digunakan untuk 4G LTE, sehingga penggunaan jaringan akan digunakan secara bersamaan.

Dia menjelaskan peran jaringan inti sangat penting, sebagai persiapan menuju 5G.

“[Pembangunan] akan dimulai pertengahan November 2019,” kata Ayu kepada Bisnis.com, Kamis (17/10/2019).

Sementara itu, Presiden Direktur & CEO XL Axiata Dian Siswarini mengatakan kesepakatan tersebut merupakan komitmen XL Axiata dalam mendukung perkembangan gaya hidup digital sekaligu upaya perseroan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Kehadiran teknologi 5G, sambungnya, sangat krusial mengingat karakteristik 5G yaitu, kecepatan yang sangat tinggi, latensi  rendah, serta konektivitas yang luas. 

Dia berharap jaringan inti  5G upgradable berbasis cloud  dapat mendukung XL Axiata dalam mengelola lalu lintas di jaringan 2G, 3G, dan 4G dengan satu jaringan inti.

“Kami berkomitmen untuk terus berinovasi termasuk di bidang jaringan guna memperkuat posisi kami di pasar, sekaligus memenuhi kebutuhan-kebutuhan pelanggan yang terus meningkat,” kata Dian.

Dian berpendapat bahwa Huawei merupakan salah satu perusahaan teknologi terdepan di kancah 5G. XL Axiata telah menjalin kerja sama dengan Huawei selama 15 tahun.

Pada 2018, XL Axiata telah menyelenggarakan uji coba 5G. Di bulan Februari 2019, XL Axiata dan Huawei menandatangani Nota Kesepahaman untuk membangun jaringan transport siap 5G tersimplifikasi yang pertama di Asia Tenggara. 

 Dengan ditandatanganinya kesepakatan untuk kesiapan jaringan inti generasi masa depan ini, XL Axiata berharap bisa menjadi penyedia layanan data terpilih dengan didukung jaringan data terkuat.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
xl axiata, huawei, 5g

Editor : Wike Dita Herlinda
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top