Oxygen.id Ingin Internet Yang Lebih Andal untuk Semua

Sepanjang 4 tahun sejak Oxygen.id diperkenalkan sebagai produk unggulan, Moratelindo telah berhasil memperluas jangkauan layanan cepat koneksi internet melalui teknologi mutakhir dan mengembangkan layanan komputasi awan atau clouds yang menjadi kebutuhan wajib usaha rintisan.
MediaDigital
MediaDigital - Bisnis.com 09 September 2019  |  17:50 WIB

Bisnis.com, JAKARTA—Sepanjang 4 tahun sejak Oxygen.id diperkenalkan sebagai produk unggulan, Moratelindo telah berhasil memperluas jangkauan layanan cepat koneksi internet melalui teknologi mutakhir dan mengembangkan layanan komputasi awan atau clouds yang menjadi kebutuhan wajib usaha rintisan.

Penggunaan serat optik sebagai pengantar koneksi internet sejak beberapa tahun belakangan semakin diminati.

Serat optik berupa kabel halus berbahan plastik atau kaca itu dianggap lebih andal dan anti interferensi, karena memiliki mekanisme kerja pengantaran sinyal melalui cahaya.

Dalam skema koneksi internet, teknologi anyar ini dipercaya lebih aman dan cepat. Bahkan, koneksi internet melalui serat optik dapat mencetak kecepatan hingga 1GB per detik, dan membuat lebar pita (bandwidth) menjadi lebih besar.

“Lebih andal, tidak banyak gangguan, tak seperti koneksi internet melalui pemancar. Tidak melibatkan aktivitas kelistrikan,” kata GM Product & Solution Oxygen.id Mauldi Wirastomo.

Teknologi terkini seperti itulah yang ditawarkan Oxygen.id yang sengaja dibangun oleh PT Mora Telematika Indonesia atau yang lebih dikenal dengan Moratelindo untuk memperluas jangkauan perusahaan.

Moratelindo sendiri dikenal sebagai salah satu mitra strategis pemerintah dalam upaya membangun infrastruktur serat optik.

Di berbagai kesempatan, seperti pembangunan Palapa Ring Barat dan Timur, Moratelindo berupaya menyangga visi besar pemerintah untuk memeratakan akses telekomunikasi di seluruh Indonesia.

Dengan dukungan dari induk usaha yang mumpuni dalam infrastruktur telekomunikasi, Oxygen.id memiliki target jangka menengah untuk menjangkau area pelayanan yang lebih luas.

Manajemen Oxygen.id menyadari bukan perkara mudah mencakup seluruh area Indonesia hingga pelosok. Ketatnya persaingan dengan Operator lain yang sudah puluhan tahun membangun infrastruktur telekomunikasi, membuat perusahaan lebih low profile dengan visi jangka menengah mampu melayani 10% area yang ada.

“Kami juga sangat fokus mengembangkan kualitas layanan dan produk. Jadi meski jangkauan bertambah, kami jamin kualitas tidak akan menurun,” ujar Mauldi.

Untuk jangka panjang, Oxygen.id ingin merengkuh seluruh area yang tersebar di Tanah Air.

“Kami menginginkan pemerataan koneksi internet berkualitas di seluruh Indonesia. Dengan begitu aktivitas perekonomian hingga akses pengetahuan bisa dengan mudah ditumbuhkan, ini pemerataan,” katanya.

Walau baru setengah windu berdiri, Oxygen.id telah melangkah jauh. Kini, seiring dengan digitalisasi yang menyapu seluruh sektor, Oxygen.id sukses menawarkan layanan ExpressConnect’ yang memberikan jalur khusus dan secure langsung ke cloud provider besar di dunia.

Teknologi cloud yang dibayangkan sebagai server penyimpan dan pengolah data dengan koneksi internet itu sangat dibutuhkan ragam usaha rintisan atau startup.

Sejauh ini, penyedia cloud tak lain adalah raksasa digital seperti Amazon, Google, dan Alibaba.

Banyak usaha rintisan seperti Bukalapak, Ovo, Shopee, Dana, Tokopedia, ataupun lapak penjualan dalam jaringan (daring) menggunakan cloud agar data dan informasi digital terkoneksi realtime.

Beberapa usaha rintisan berbasis digital itupun telah mempercayakan Oxygen.id sebagai penghubung ke berbagai cloud.

“Dengan mengandalkan infrastruktur serat optik kami miliki sendiri sampai Singapura, maka koneksi Internet dan cloud bagi mereka lebih andal, lebih aman,” kata Mauldi. 

EKOSISTEM

Visi menciptakan Oxygen.id bagi Moratelindo adalah membangun ekosistem bisnis. Sebagai pionir internet fiber, Oxygen.id diberikan mandat menjangkau pelanggan ritel dan korporat yang membutuhkan jaringan internet.

Lewat teknologi broadband Fiberoptik, kecepatan internet yang ditawarkan 1.000 kali lebih cepat dibandingkan dengan teknologi lawas.

“Karena secara korporat kami juga memikirkan bagaimana akses terhadap informasi, kemudahan komunikasi, bisa dirasakan seluruh masyarakat di Indonesia. Dengan begitu terjadi pertumbuhan ekonomi,” singgung Mauldi.

Karena itu, Oxygen.id niscaya menempuh jalan untuk merintis jaringan internet ke wilayah Terdepan, Terluar, dan Terpencil atau 3T.

Di sisi lain, walau mengemban mandat berat dalam visi jangka panjang, Oxygen.id tak mau melepas standar kualitas.

Menurut Mauldi, jaringan internet yang baik tak hanya menawarkan kecepatan, tetapi juga stabilitas koneksi, hingga layanan purnajual yang mudah.

Semisal untuk area Jakarta yang belakangan sering terjadi gesekan dengan aktivitas pembangunan infrastruktur, Oxygen.id telah menerapkan standar prosedur penanganan gangguan yang kilat.

“Sering kali serat optik terganggu aktivitas pembangunan, seperti putus karena tersangkut alat berat. Kami menerapkan standar penanganan yang cepat untuk perbaikan 4 jam maksimal, dengan jaminan layanan tidak terganggu kepada para konsumen,” ujarnya.

Sebab jika gangguan koneksi berlarut sebagaimana terjadi pada koneksi nirkabel ataupun kabel logam, maka aktivitas bisnis dan perekonomian pelanggan ikut tersendat.

Dengan tugas memperluas jangkauan layanan, Oxygen.id akan terus melakukan ekspansi sehingga internet yang andal akan dinikmati lebih banyak orang.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
operator telekomunikasi

Editor : MediaDigital

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top