Smartfren Bangun BrandAwareness dan Loyalitas Pelanggan Melalui Konser Musik

Leo Dwi Jatmiko
Senin, 9 September 2019 | 13:03 WIB
Pengunjung mencari informasi produk di Gerai Smartfren, Jakarta, Selasa (2/7/2019)./Bisnis-Abdullah Azzam
Pengunjung mencari informasi produk di Gerai Smartfren, Jakarta, Selasa (2/7/2019)./Bisnis-Abdullah Azzam
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Konser musik yang akan digelar oleh PT Smartfren Telecom Tbk, bertujuan menegaskan keberadaan mereka untuk segmen muda. Smartfren akan bertarung dengan sejumlah operator besar untuk memperebutkan segmen ini.

Presiden Direktur Smartfren, Merza Fachys mengatakan konser musik yang akan diselenggarakan perseroan pada 20 September nanti, merupakan bentuk apresiasi Smartfren atas loyalitas pelanggan.

Smartfren berharap dengan konser yang diselenggarakan pelanggan akan semakin loyal lagi dan menarik anak muda lain untuk menggunakan Smartfren.Dia mengatakan dari 20 juta pelanggan Smartfren saat ini, sekitar 80% atau 18 juta merupakan pelanggan dari segmen muda atau milenial.

“Masalahnya bukan mahal atau murah, tapi untuk mempersembahkan ini kepada pelanggan loyal dan brand awareness,” kata Merza kepada Bisnis.com, beberapa waktu lalu.

Sementara itu, Analis Kresna Sekuritas, Etta Rusdiana Putra menilai konser musik yang digelar Smartfren lebih berpengaruh terhadap penanaman kesadaran merek atau brand awareness konsumen terhadap Smartfren, dibandingkan untuk meningkatkan loyalitas.

Dia berpendapat konser musik yang akan diselenggarakan oleh Smartfren nanti, bertujuan untuk mempertegas posisi Smartfren yang mengincar segmen anak muda.

 “Secara tidak langsung akan berkompetisi dengan ISAT, EXCL, dan 3 [di segmen anak muda],” kata Etta.  

Adapun untuk meningkatkan loyalitas pelanggan, Etta berpendapat, faktor harga dan kualitas layanan masih menjadi penentu dalam mendongkrak loyalitas pelanggan, terlebih jika operator menyasar pelanggan milenial.

Sebagai pelanggan yang sensitif, ujar Etta, anak muda cenderung menginginkan intenet dengan kuota besar dan stabil, Oleh karena itu, selain menawarkan harga murah, untuk mengambil hati pelanggan muda operator juga membagi layanan dengan kuota malam.

“Pada akhirnya pelanggan hanya melihat kualitas jaringan dan harga yang ditawarkan. Ada nilai untuk uang yang dikeluarkan atau tidak,” kata Etta. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper