Ternyata Cip Milik Smartfren Tertanam di Perangkat Redmi 7A

Salah satu operator Tanah Air, Smartfren, menjalin kerja sama dengan produsen ponsel pintar asal Hong Kong, Xiaomi.
Rahmad Fauzan
Rahmad Fauzan - Bisnis.com 07 Agustus 2019  |  02:02 WIB
Ternyata Cip Milik Smartfren Tertanam di Perangkat Redmi 7A
Pengunjung mencari informasi produk di Gerai Smartfren, Jakarta, Selasa (2/7/2019). - Bisnis/Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA -- Salah satu operator Tanah Air, Smartfren, menjalin kerja sama dengan produsen ponsel pintar asal Hong Kong, Xiaomi.

Deputi CEO Smartfren, Djoko Tata Ibrahim, mengatakan kerja sama tersebut adalah bagian dari strategi perusahaan dalam meningkatkan angka penjualan dengan target pasar milenial.

"Kerja sama ini sesuai dengan strategi bisnis Smartfren dalam menggaet generasi milenial yang menginginkan barang berkualitas dengan harga terjangkau," ujarnya dalam acara peluncuran produk terbaru Xiaomi, Redmi 7A. di Jakarta, Selasa (6/8/2019).

Adapun, strategi yang diterapkan adalah menyajikan kemudahan dan berbagai macam keuntungan melalui tawaran-tawaran seperti kuota internet dalam jumlah besar, paket telepon tanpa batas, dan memberikan layanan menonton streaming secara cuma-cuma.

Strategi tersebut dinilai ampuh, dan Djoko memperkirakan pengguna Redmi 7A bakal mengalami pertumbuhan cukup signifikan dalam beberapa waktu mendatang dengan kerja sama yang dilakukan kedua pihak.

Saat ini, sebanyak 30% dari 20 juta total pengguna operator Smartfren merupakan pengguna ponsel merek Xiaomi. Dibandingkan dengan tahun lalu, jumlah pengguna Smartfren yang menggunakan produk Xiaomi dikatakan meningkat tiga kali lipat.

"Jumlah rata-rata aktivasi Smartfren setiap bulan adalah 2 juta. Dari jumlah tersebut, sebanyak 30% bisa dipastikan pengguna Xiaomi," imbuhnya.

Dalam kerja sama ini, kedua perusahaan sepakat untuk mengintegrasikan cip operator ke dalam perangkat ponsel. Adapun, dalam hal ini, cip yang terdapat di dalam kartu Smartfren dikirimkan ke pabrik Xiaomi yang terletak di Batam untuk dilakukan integrasi.

Integrasi tersebut dilakukan untuk pertama kali ke dalam perangkat Redmi 7A yang baru saja diluncurkan. Selain memiliki cip operator seluler terintegrasi, produk tersebut hadir dengan menawarkan keandalan baterai dan performa yang cepat, desain dan audio lebih menawan, kemampuan splash resistance atau tahan terhadap percikan air, serta kemampuan menangkap sinyal radio tanpa FM tanpa antena eksternal.

Head of Southeast Asia, Country Head of Indonesia, Xiaomi, Steven Shi, mengatakan ketahanan baterai Redmi 7A menjadi yang pertama untuk ponsel segmen entry-level dengan kapasitas 4.000 mAh dan mampu bertahan selama 2 hari hanya dengan satu kali pengisian ulang.

Dia melanjutkan, untuk urusan performa Redmi 7A mengandalkan prosesor Qualcomm Snapdragon 439 yang disebut sangat efisien dalam penerapan daya, serta prosesor octa-core untuk mendukung kebutuhan pemakaian sehari-hari.

Sementara untuk urusan tampilan, Redmi 7A memiliki layar 5,45 inci dengan tampilan HD+ Full-Screen dan sudut pandang yang luas, serta mendukung gestur layar penuh.

"Layar ponsel pintar ini juga telah memperoleh sertifikasi low blue light eye protection dari TUV Rheinland, sehingga mata pengguna akan merasa lebih nyaman saat menggunakan Redmi 7A," ujar Shi (6/8).

Menyoal kamera, Redmi 7A mengandalkan kamera belakang 12MP dengan ukuran piksel 1,25 um yang besar sehingga memampukan ponsel ini untuk menangkap gambar dengan jelas dalam kondisi minim cahaya sekalipun.

Untuk kamera depan, ponsel ini didukung oleh kamera 5MP yang dilengkapi fitur AI Face Unlock.

Hal unik lainnya adalah kemampuan Redmi 7A untuk menerima sinyal radio tanpa antena eksternal dan suara audio yang keras. Untuk itu, Redmi 7A memungkinkan pengguna untuk mendengarkan stasiun radio FM tanpa memerlukan headset.

Tidak hanya itu, Redmi 7A juga hadir dengan slot khusus untuk micro SD, headphone jack, dan tahan terhadap cipratan air.

Dengan segala keunggulannya, Redmi 7A tersedia dalam dua varian warna, yakni matte blue dan matte black dan dibanderol dengan harga Rp1.199.000. Redmi 7A akan ditawarkan dalam paket bundling prabayar Smartfren.

Adapun, kartu perdana Smartfren khusus Xiaomi menawarkan kuota internet hingga 15GB, paket telepon tanpa batas ke sesama pengguna Smartfren, 20 menit telepon gratis ke operator lain, dan gratis berlangganan VIU.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
smartfren

Editor : Akhirul Anwar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top