Jasa Marga Kembangkan Laboratorium IoT

Deandra Syarizka
Sabtu, 27 Juli 2019 | 13:15 WIB
Ilustrasi Internet of things
Ilustrasi Internet of things
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Dalam rangka menghadapi era industri 4.0, PT Jasa Marga (Persero) Tbk membangun laboratorium pusat penelitian dan pengembangan teknologi guna meningkatkan adaptasi teknologi berbasis Internet of Things (IoT) sekaligus menciptakan inovasi-inovasi baru yang memberikan manfaat lebih untuk pengguna jalan tol.

Sebagai titik awal pengembangan Laboratorium IoT tersebut, PT Jasa Marga (Persero) Tbk melaksanakan peletakan batu pertama (groundbreaking) di ex-Kantor Jasa Marga Cabang Jakarta-Tanggerang (Janger), di Tangerang Banten pada Jumat (26/7).

Seremoni  ini dilaksanakan sebagai bukti keseriusan PT Jasa Marga (Persero) Tbk dalam mengembangkan inovasi guna mendukung proses bisnis perusahaan yang lebih efektif, efisien serta beradaptasi pada perkembangan jaman.

Direktur Human Capital and Transformation Jasa Marga Alex Denni menyatakan harapannya  terhadap Jasa Marga IoT Lab ini sebagai moment of truth, untuk menemukan teknologi-teknologi terbaru yang dapat menunjang kinerja perusahaan dalam memberikan pelayananan terbaiknya untuk masyarakat Indonesia.

“Saat ini ex kantor cabang Janger kita mau ubah penggunaannya menjadi Jasa Marga IoT Lab, karena saat ini kita harus siap untuk menghadapi transformasi teknologi. Kita tahu saat ini banyak sekali bisnis yang tidak bisa bertahan karena tidak dapat menyesuaikan dengan teknologi yang masif perkembangannya. Oleh karena itulah Jasa Marga IoT Lab dibentuk agar kita dapat terus bertahan untuk memberikan pelayan terbaik", ujarnya, melalui keterangan resmi, Sabtu (27/7/2019).

Sebagai media pengembangan teknologi, nantinya Jasa Marga IoT akan berkembang juga sebagai pengembangan pelayanan transaksi tol, keamanan, pengelolaan antisipasi kendaraan Over Dimention Over Load (ODOL), Augmented Reality, Traffic Monitoring System, Social Media Comment Center, dan lain sebagainya.

Pembangunan Jasa Marga IoT ini akan dilengkapi dengan Robotic Lab, Tooling Room, Server Room, Computer Lab, Testing Room, VR/AR Room, serta sarana dan prasarana lainnya seperti Music Room, Digital Library dan sarana pendukung lainnya.

Dengan dibangunnya Laboratorium IoT ini, Jasa Marga berharap dapat memberikan pengalaman teknologi yang terbaik bagi pengguna jalan tol, serta mampu menjadikan Jasa Marga sebagai perusahaan #1 Road Travel Solution, terutama dengan makin terkoneksinya antar daerah serta tersambungnya Jalan Tol Trans Jawa dari Merak hingga Probolinggo Timur, Jasa Marga IoT Lab memberikan solusi teknologi perjalanan, khususnya di jalan tol.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Deandra Syarizka
Editor : Sutarno
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper