Marakkan Bisnis Komputasi Awan, Huawei Ekspansi ke Indonesia

Perusahaan teknologi asal China Huawei Cloud memperluas pasarnya ke Indonesia dengan menyediakan layanan infrastruktur solusi IT bagi setiap perusahaan, baik lokal maupun multinasional yang melakukan kegiatan bisnis di Tanah Air.
Rahmad Fauzan
Rahmad Fauzan - Bisnis.com 12 Juli 2019  |  16:02 WIB
Marakkan Bisnis Komputasi Awan, Huawei Ekspansi ke Indonesia
Logo perusahaan Huawei terlihat di kantor pusat perusahaan di Shenzhen, Provinsi Guangdong, Cina 17 Juni 2019. - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA -- Perusahaan teknologi asal China Huawei Cloud memperluas pasarnya ke Indonesia dengan menyediakan layanan infrastruktur solusi IT bagi setiap perusahaan, baik lokal maupun multinasional yang melakukan kegiatan bisnis di Tanah Air.

Roger Hong selaku Marketing Manager Shan Hai Map, perusahaan asal China yang menjadi distributor Huawei Cloud, mengatakan produk-produk IT yang disediakan oleh Huawei Cloud bakal menyasar dua sektor utama, yakni sektor Badan Usaha Nilik Negara (BUMN) dan swasta.

"Kepada kedua sektor tersebut, Huawei Cloud bakal menawarkan infrastruktur solusi IT dengan biaya yang lebih rendah," ujar Hong di acara Indonesia Enterprise Summit 2019 di Jakarta, Kamis (11/7/2019).

Menurut Hong, baik perusahaan BUMN maupun di perusahaan dagang-el di Indonesia masih mengalami kekurangan dalam hal investasi terkait dengan infrastruktur IT. Perusahaan-perusahaan tersebut, lanjutnya, masih banyak yang berproses secara manual, terutama perusahaan dagang-el.

Huawei Cloud sendiri dikatakan belum memasang target khusus terkait dengan ekspansi yang dilakukan di Indonesia. Adapun, dalam enam bulan ke depan perusahaan tersebut baru akan melakukan serangkaian promosi guna menarik minat perusahaan-perusahaan.

"Sekarang ini kebanyakan masih perusahaan-perusahaan China yang bisnis di Indonesia yang mengadopsi solusi Huawei Cloud, jadi upaya promosi harus dilakukan oleh Huawei Cloud," lanjut Hong.

Selain itu, Huawei Cloud mengungkapkan bahwa perusahaan menghadapi beberapa kendala dalam mempromosikan produk-produk solusi IT-nya di Indonesia. Salah satu kendala utamanya adalah belum adanya tim lokal yang secara stabil membantu Huawei Cloud dalam mempromosikan produk.

Oleh karena itu, beberapa perusahaan teknologi asal China lainnya seperti Shan Hai Map, Yonyou, dan NXCLOUD, berkolaborasi dengan Huawei Cloud guna mengakselerasi perkembangan bisnis perusahaan tersebut.

Dari segi investasi, Huawei Cloud sejauh ini baru menginvestasikan sumber daya manusia guna mendukung pelayanan kustomer.

Sebagai  gambaran, platform komputasi awan Huawei merupakan layanan publik yang menyediakan berbagai layanan hosting mulai dari layanan untuk komputasi, storage, dan pengembangan aplikasi.

Produk yang disediakan adalah ERP, yakni paket sistem dan perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola kegiatan bisnis harian perusahaan, seperti pengelolaan keuangan, pengadaan, produksi, proyek, dan SDM.

Sistem tersebut dapat memfasilitasi bisnis dengan informasi real time dan akurat guna mendukung kustomer dalam membuat keputusan bisnis dengan baik berdasarkan data yang dihasilkan.

Selain itu, dengan dukungan NXCLOUD, Huawei Cloud menyediakan layanan global voice, global SMS, global IoT, dan global data purchase service yang dapat menjangkau 226 negara dan 96% pengguna ponsel.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
huawei

Editor : Wike Dita Herlinda

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top