Startup Logistik Kian Ekspansif

Deandra Syarizka
Sabtu, 6 Juli 2019 | 04:00 WIB
Co-Founder dan CEO Waresix Andree Susanto (ketiga dari kiri) dan Co-Founder Waresix Edwin (keempat dari kiri) berfoto bersama tim Waresix./dok. East Ventures
Co-Founder dan CEO Waresix Andree Susanto (ketiga dari kiri) dan Co-Founder Waresix Edwin (keempat dari kiri) berfoto bersama tim Waresix./dok. East Ventures
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Sejumlah perusahaan rintisan di bidang teknologi logistik kian ekspansif mengembangkan bisnis dan memperluas pasar hingga mancanegara setelah berhasil menghimpun pendanaan dari sejumlah investor.

Salah satunya adalah Waresix, perusahaan rintisan teknologi logistik di Indonesia, yang telah menerima pendanaan tahap Seri A sebesar Rp205 miliar (US$14,5 juta) dalam waktu kurang dari delapan bulan setelah mendapatkan pendanaan Pra Seri A sebesar Rp23 miliar (US$1,6 juta). 

Pendanaan Seri A ini dipimpin oleh EV Growth, dana investasi untuk perusahaan tingkat lanjut (growth stage) di Asia Tenggara yang didirikan oleh perusahaan modal ventura (VC) regional East Ventures, dengan partisipasi dari SMDV yang berasal dari Indonesia dan Jungle Ventures, VC asal Singapura yang berinvestasi pada startup unggulan di berbagai sektor bisnis.

Co-Founder dan CEO Waresix Andree Susanto menyatakan Waresix menghubungkan pemilik bisnis atau pihak yang ingin mengirimkan barang dengan gudang dan truk yang tersedia di seluruh Indonesia, menghadirkan layanan yang lebih transparan, kualitas layanan yang lebih baik, serta meningkatkan pendapatan untuk para pemilik aset. Ekosistem Waresix yang terus berkembang kini telah menjangkau lebih dari 20.000 truk dan 200 gudang di seluruh nusantara.

 “Kami akan menggunakan dana segar ini untuk memperluas jangkauan kami demi mendukung transformasi digital di sektor kargo domestik Indonesia yang bernilai Rp3.400 triliun (US$240 miliar). Dengan ekosistem kami yang terus berkembang, Waresix memiliki kemampuan untuk menjadi sangat gesit dalam mengatasi berbagai masalah di sektor logistik Indonesia," ujarnya, Jumat (5/7/2019).

Lebih lanjut, dia mengungkapkan rencana ekspansi perusahaan ke bisnis truk guna  memaksimalkan utilisasi area gudang dan menghindari operasional truk dengan muatan kosong. Perusahaan bakal memanfaatkan jaringan yang luas untuk menarik permintaan serta membuat efek jaringan (network effect) untuk ekosistem truk.  

Pihaknya ingin meningkatkan efisiensi distribusi (supply chain) dengan cara meningkatkan penggunaan aset dan menghilangkan peran pihak ketiga yang bertindak sebagai broker di bisnis logistik. Oleh karena itu, Waresix menghadirkan layanan multi moda yang mencakup transportasi darat dan laut, penanganan kargo, dan penyimpanan dingin, demi memenuhi pergerakan kargo antar pulau di seluruh Indonesia.

“Kami akan terus mengembangkan jaringan transportasi darat dan gudang ke kota-kota yang lebih kecil di seluruh Indonesia, dan membuat inovasi lebih lanjut terhadap proses rantai pasokan (supply chain) di Indonesia. Saat ini, Indonesia sedang mengalami pertumbuhan pesat dalam hal infrastruktur berkat kebijakan-kebijakan pemerintah. Dan pertumbuhan pesat ini juga akan membantu perluasan jangkauan layanan Waresix,” jelas Andree.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Deandra Syarizka
Editor : Sutarno
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper