Ketahui 5 Keunggulan Telegram Dibanding WhatsApp

Aplikasi besutan Pavel Durov ini relatif aman dari ‘gangguan’, dan bahkan diklaim lebih baik daripada Whatsapp.
Ketahui 5 Keunggulan Telegram Dibanding WhatsApp
Newswire - Bisnis.com 23 Mei 2019  |  05:35 WIB
Ketahui 5 Keunggulan Telegram Dibanding WhatsApp
Aplikasi Telegram - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Saat platform perpesanan WhatsApp error atau down kemarin, Rabu (22/5), banyak yang mencari alternatif aplikasi sejenis.

Beberapa orang memang memilih menggunakan VPN, karena diduga lambatnya WA karena tindakan pencegahan oleh Kominfo terkait dengan penyebaran informasi palsu soal kerusuhan. Namun, sebagian yang lain beralih ke platform sejenis WA, yaitu Telegram.

Aplikasi besutan Pavel Durov ini relatif aman dari ‘gangguan’, dan bahkan diklaim lebih baik daripada Whatsapp.

Di luar itu, Telegram juga punya fitur-fitur yang belum dimiliki WhatsApp. Di beberapa negara, Telegram diakui jauh lebih unggul daripada WA. Berikut beberapa alasan mengapa Telegram lebih baik dibandingkan WhatsApp seperti diulas Tempo.co:

  1. Mode Gelap

WhatsApp lebih belakangan memiliki mode gelap dibandingkan dengan Telegram. Selain terlihat lebih baik, fitur tersebut sebenarnya berfungsi untuk melindungi mata dari cahaya layar. Mode gelap Telegram jauh lebih bagus daripada WhatsApp yang hanya mengubah latar belakangnya ke warna solid.

  1. Fitur Polling

Di WhatsApp, tidak ada cara untuk menyelesaikan perdebatan di grup. Sementara itu, di Telegram, ada fungsi polling yang memungkinkan anggota grup untuk membuat polling yang dapat dipilih oleh mereka yang ada di grup.

Fitur yang juga disebut jajak pendapat itu, bekerja mirip dengan yang diterapkan pada Twitter dan tidak menunjukkan siapa yang memilih untuk apa

  1. Integrasi Stiker

WhatsApp telah mengenalkan fitur stiker beberapa bulan yang lalu, meskipun fitur itu cukup keren, tapi cara yang diberikan WhatsApp cukup rumit. Bahkan Apple melangkah lebih jauh dengan melakukan witchhunt untuk aplikasi WhatsApp Sticker karena setiap kali pengguna menginginkan stiker baru, harus mengunduh aplikasi stiker individual.

Hal itu menjadi tidak aman, karena sejumlah alasan, juga menyulitkan dalam hal penyimpanan dan navigasi. Namun, integrasi stiker Telegram jauh lebih baik dan semuanya ditangani di dalam aplikasi itu sendiri. Sehingga tidak memiliki aplikasi tambahan yang memakan memori di dalam smartphone.

  1. Grup

Fitur grup pada Telegram diklaim lebih baik dari WhatsApp, karena ada dua alasan khusus. Pertama, grup memungkinkan audiens hingga 200.000 anggota.

Kedua, pengguna dapat menemukan dan bergabung dengan grup dengan mencarinya di dalam aplikasi. Artinya selama Anda tahu nama grup tersebut, Anda dapat menemukannya dan jika Anda tidak tahu apakah grup itu ada, Anda dapat mencarinya untuk memastikan apakah itu benar atau tidak.

  1. Daftar Siaran

Saluran pada Telegram seperti daftar siaran pada WhatsApp, tapi lebih baik. Karena yang dimiliki WhatsApp harus mengirim banyak pesan ke orang-orang di daftar siaran secara manual, sedangkan saluran akan dapat mengirim pesan ke semua orang yang bergabung sekaligus.

Apa yang dimiliki Telegran merupakan solusi yang mudah, meskipun WhatsApp memiliki fitur serupa dengan grupnya di mana pengguna hanya dapat mengizinkan admin untuk berkontribusi. Namun, tampaknya orang belum benar-benar terbiasa dengan jenis grup tersebut.

Baru-baru ini Durov menyebut bahwa, selain lebih aman, Telegram tak pernah melakukan marketing produk.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
whatsapp, telegram

Editor : M. Taufikul Basari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top