Firefox Lockbox: Penyimpan Kata Sandi di Ponsel dari Mozilla

Butuh informasi kata sandi di peramban komputer pribadi di ponsel Anda? Firefox Lockbox memungkinkan pengguna Firefox untuk mengakses kata sandi yang tersimpan di peramban Mozilla tersebut tanpa harus memasang peramban versi ponselnya.
Gombang Nan Cengka
Gombang Nan Cengka - Bisnis.com 30 April 2019  |  19:36 WIB
Firefox Lockbox: Penyimpan Kata Sandi di Ponsel dari Mozilla
ilustrasi firefox lockbox

Bisnis.com, JAKARTA-- Salah satu fitur penting Firefox versi Mobile (ponsel) adalah penyelarasan kata sandi yang dengan data yang tersimpan di peramban versi desktop. Namun kita tidak selalu bisa mengakses data kata sandi dengan cara ini.

Anda mungkin memilih untuk menggunakan peramban lain di ponsel, seperti Google Chrome atau Apple Safari. Atau Anda  mungkin memilih  menggunakan aplikasi suatu layanan online, bukan versi webnya.

Firefox Lockbox adalah solusi  Mozilla untuk mengakses data kata sandi yang tersimpan di peramban Firefox versi desktop tanpa harus memasang Firefox versi ponsel. Setelah sebelumnya tersedia untuk iOS di Apple App Store, baru-baru ini Firefox Lockbox sudah tersedia untuk Android di Google Play. Untuk bisa menggunakan Firefox Lockbox, Anda harus membuat akun Firefox terlebih dahulu.

Pada saat instalasi pertama kali, Lockbox akan meminta Anda untuk masuk log ke akun Firefox. Lockbox kemudian akan mengunduh data kata sandi dari peramban desktop Anda, yang kemudian bisa digunakan di aplikasi lain di ponsel. Anda bisa menyalin dan tempel kata sandi tersebut dengan mudah.

Setelah instalasi pertama selesai, nantinya Anda bisa membuka Lockbox dengan cara lain, misalnya dengan pemindai sidik jari atau FaceID (pada Apple iOS). Lockbox bisa berfungsi sebagai layanan Autofill (pengisian kata sandi otomatis) untuk iOS dan Android.

Lockbox bukanlah pengelola kata sandi tradisional seperti LastPass atau 1Password, dan karena itu tidak memiliki fitur penting seperti pengubahan atau pembuatan kata sandi baru. Bila Anda ingin mengubah kata sandi di suatu layanan online, ini hanya dapat dilakukan di peramban Firefox.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
komputer, google, Mozilla Firefox

Sumber : The Mozilla Blog

Editor : Rahayuningsih

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top