Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Kaspersky: Satu Juta Komputer Asus Diretas

Perusahaan layanan keamanan siber Kaspersky Lab melakukan investigasi bersama perusahaan teknologi Asus atas kasus pengiriman malware oleh peretas ke lebih dari satu juta komputer Asus pada penghujung 2018.
Wibi Pangestu Pratama
Wibi Pangestu Pratama - Bisnis.com 26 Maret 2019  |  03:30 WIB
Kaspersky: Satu Juta Komputer Asus Diretas
Ilustrasi - youtube
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Perusahaan layanan keamanan siber Kaspersky Lab melakukan investigasi bersama perusahaan teknologi Asus atas kasus pengiriman malware oleh peretas ke lebih dari satu juta komputer Asus pada penghujung 2018.

Dilansir dari Reuters, peretasan tersebut pertama kali dilaporkan situs berita teknologi Motherboar yang menjelaskan peretas dapat memanfaatkan data besarnya skala perusahaan Asus dan pemasok produknya untuk menjangkau korban-korban.

Seorang peneliti keamanan siber, menjelaskan kepada Reuters, dengan data tersebut peretas dapat mengirimkan malware ke lebih dari satu juta komputer Asus dengan membajak sistem pembaruan peranti lunak perusahaan.

Pihak Kaspersky menjelaskan peretasan dilakukan dengan diberikannya opsi pembaruan perangkat lunak komputer melalui 'pintu belakang' dari malware yang dikirimkan peretas. Opsi tersebut kemudian akan memberikan peretas akses terhadap komputer yang terinfeksi.

“Kami tidak dapat menghitung jumlah total pengguna yang terpengaruh hanya berdasarkan data kami; Namun, kami memperkirakan bahwa skala sebenarnya dari masalah ini jauh lebih besar dan kemungkinan mempengaruhi lebih dari satu juta pengguna di seluruh dunia,” ujar pihak Kaspersky, dilansir dari Reuters, Senin (26/03/2019).

Pihak Kaspersky mengatakan bahwa lebih dari 57.000 penggunanya telah mengunduh dan memasang pembaruan Asus tersebut. Mereka memperkirakan peretasan terjadi pada kurun Juni–November 2018.

Adapun, pihak Kaspersky menjelaskan mereka memberi tahu Asus mengenai peretasan tersebut pada Januari 2019 dan membantu jalannya investigasi. Pihak Asus menjelaskan akan memberikan pernyataan pada Selasa (26/03/2019).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kaspersky asus
Editor : Andhika Anggoro Wening
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

back to top To top