Pendapatan 3 Indonesia Tumbuh Double Digit

Leo Dwi Jatmiko
Jumat, 8 Maret 2019 | 14:09 WIB
Logo Hutchison 3 Indonesia/H3I
Logo Hutchison 3 Indonesia/H3I
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Hutchison 3 Indonesia (3 Indonesia) Indonesia tetap mencatatkan pertumbuhan positif di tengah kondisi industri telekomunikasi yang negatif. 

Cliff Woo, CEO dan Presiden Direktur 3 Indonesia mengatakan sepanjang 2018 perseroan telah membukukan prestasi positif, di tengah persaingan yang ketat dan kondisi industri telekomunikasi yang menurun akibat diberlakukannya pendaftaran registrasi SIM prabayar. 

Cliff melihat regulasi registrasi prabayar akan membawa industri telekomunikasi makin baik untuk jangka panjang dengan mengurangi kebiasaan membuang SIM. 

Pada 2018, Cliff mengatakan 3 Indonesia mencatatkan pertumbuhan yang brilian dengan pendapatan yang tumbuh double digit secara tahunan. "3 Indonesia juga mencatatkan pertumbuhan EBITDA hingga 4x lipat dengan jumlah pelanggan mencapai 37 juta pelanggan," kata Cliff di Jakarta, Jumat (8/3/2019).

Disamping itu, lanjutnya, jaringan 4G 3 Indonesia telah menjangkau 170 juta jiwa penduduk Indonesia yang berada di Kalimantan, Sulawesi, Sumatera, Jawa, Bali dan Lombok. Hingga akhir 2018, 3 Indonesia telah terhubung dengan jaringan internet seluler 4G / 4.5G di lebih dari 7.900 desa dan 281 kota. 

"Dengan memanfaatkan pengalaman pemegang saham di global , 3 Indonesia mengelola spektrum dan sumber daya infrastrukturnya dengan sangat efektif," kata Cliff. 

Cliff menuturkan perseroan berkomitmen untuk menjadi operator seluler terbaik pada 2019 di industri telekomunikasi Indonesia. Komitmen ini didukung oleh induk perusahaan yaitu CK Hutchison Holding Limited yang terkenal di lebih dari 50 negara. 

Cliff mengatakan industri telekomunikasi telah mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia melalui penggunaan internet seluler yang luas. Cliff senang hingga saat ini 3 Indonesia masih menjadi bagian dari industri komunikasi di Indonesia.

"Adalah suatu kehormatan untuk menjadi bagian dari industri strategis ini dan saya menegaskan kembali komitmen kami untuk berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan Indonesia yang berkelanjutan "kata Cliff.

Dia menambahkan dalam mengatur jaringan, perseroan berfokus pada kualitas jaringan. Didukung oleh pita spektrum 5MHz tambahan pada frekuensi pembawa 2.100 MHz yang dialokasikan oleh Pemerintah pada 2018.

Cliff mengatakan dengan sistem ini, mudah bagi perseoran untuk memberikan pengalaman produk terbaik serta menyeimbangkan kapasitas jaringan dengan lancar.

Pada 2018, data lalu lintas 3 Indonesia meningkat lebih dari 80% dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

3 Indonesia berkomitmen untuk terus mengoptimalkan pengalaman internet pelanggannya dengan memperluas jangkauan, pada tahun 2019 sejak kuartal keempat, 3 telah mulai meluncurkan lebih dari 8.000 cell sites 4G /4.5G dengan cakupan mencapai 30 juta dari populasi Indonesia.

Menanggapi evolusi teknologi telekomunikasi pada teknologi jaringan seluler generasi 5 (5G), Cliff menambahkan bahwa 3 Indonesia siap mengadopsi teknologi 5G.

"Dengan pengalaman kami dalam meluncurkan 5G secara global, kami siap menjadi bagian dari ekosistem yang mendukung kedatangan 5G," kata Cliff.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper