Hoki Imlek, Volume Transaksi Shopback Diklaim Naik 70%

ShopBack, platform aggregator lebih dari 200 e-commerce di Indonesia , mencatat pertumbuhan volume transaksi hingga 70% dibanding rata-rata transaksi harian, saat perayaan imlek. Angka ini diklaim naik sekitar 10-15% dibanding volume transaksi tahun lalu yang hanya sekitar 55-60%.
Deandra Syarizka | 08 Februari 2019 15:09 WIB
Co-founder dan Country Head of Shopback Indonesia Indra Yonathan di Jakarta, Kamis (15/3/2018). - JIBI/Felix Jody Kinarwan

Bisnis.com, JAKARTA --  ShopBack, platform aggregator lebih dari 200 e-commerce di Indonesia , mencatat  pertumbuhan volume transaksi hingga 70%  dibanding rata-rata transaksi harian, saat perayaan imlek. Angka ini diklaim naik sekitar 10-15% dibanding volume transaksi tahun lalu yang hanya sekitar 55-60%.

Indra Yonathan, Country Head of ShopBack Indonesia, mengatakan, pola konsumsi masyarakat indonesia yang mulai merambah dunia digital dan online menjadi faktor peningkatan volume pemesanan dagang-el.

“Tidak hanya volume pemesanan yang meningkat tahun ini, rata-rata belanja masyarakat Indonesia saat imlek tahun ini pun turut meningkat. Berdasarkan data ShopBack, rata-rata belanja di platform e-commerce pada imlek tahun ini sekitar Rp 746.000 naik 50% dari tahun sebelumnya yang hanya sekitar Rp 480.000,” ujarnya seperti dikutip dari siaran pers, Jumat (08/02).

Yonathan menambahkan, peningkatan volume ini juga tidak lepas dari beragam kegiatan promosi potongan harga serta cashback yang diberikan platform dagang-el menjelang perayaan imlek 2019.

“Selain promo imlek, beberapa e-commerce juga ada yang memberikan program promo gajian atau festival belanja online di tanggal cantik, seperti festival belanja 2.2 kemarin. Tren festival belanja di tanggal cantik ini pun akan semakin semarak lagi di 2019.”

Menurutnya, volume pemesanan di ShopBack sudah menunjukkan kenaikan dari dua minggu menjelang perayaan imlek dan puncaknya terjadi pada seminggu menjelang. Data inipun senada dengan hasil survei yang dilakukan ShopBack pada Februari 2018, terhadap lebih dari 1.100 responden di lima kota di Indonesia.  Hasilnya menyebut

40,1% responden mengaku telah membeli perlengkapan imlek tujuh hari menjelang perayaan imlek berlangsung. Sementara, sebanyak 24% mulai membeli perlengkapan dua minggu sebelum dan 16,4% sebulan sebelum perayaan Imlek.               

Sementara itu, berdasarkan data ShopBack, kategori marketplace, pulsa, travel, fesyen, dan makanan menjadi lima produk teratas yang dibeli pengguna ShopBack saat promo imlek berlangsung. Adapun lima platform dagang-el yang menjadi favorit masyarakat pada imlek tahun ini adalah Shopee, Tokopedia, JD.ID, Blibli, dan Bukalapak.

 

Tag : ecommerce
Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top