Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BPPT Siap Uji Stasiun Pemancar Jaringan Internet Nirkabel 4G PT Inti

Institut Teknologi Bandung dan PT Industri Telekomunikasi Indonesia meluncurkan base station 4G LTE Micro Cell atau stasiun pemancar jaringan internet nirkabel generasi ke empat untuk perangkat telekomunikasi bergerak.
Fitri Sartina Dewi
Fitri Sartina Dewi - Bisnis.com 02 Februari 2019  |  21:13 WIB
BPPT Siap Uji Stasiun Pemancar Jaringan Internet Nirkabel 4G PT Inti
BPPT Siap Uji Stasiun Pemancar Jaringan Internet Nirkabel 4G PT Inti - Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA—Institut Teknologi Bandung dan PT Industri Telekomunikasi Indonesia meluncurkan base station 4G LTE Micro Cell atau stasiun pemancar jaringan internet nirkabel generasi ke empat untuk perangkat telekomunikasi bergerak.  

Menanggapi hal tersebut, Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Hammam Riza menyatakan pihaknya siap mendukung industri nasional dalam hal ini PT Industri Telekomunikasi Indonesia (PT INTI) untuk menguji keandalan perangkat telekomunikasi tersebut.

BPPT ungkap Hammam, memiliki Laboratorium Inovasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (Lab TIK) yang telah terakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN) dengan nomor -LP-1001-IDN.

Selain itu, Lab TIK BPPT juga sudah ditunjuk sebagai Balai Uji Perangkat Telekomunikasi oleh Direktorat Jenderal Sumberdaya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kementerian Kominfo. 

“Merupakan mandat bagi BPPT untuk melakukan uji perangkat seperti stasiun pemancar 4G tersebut. Kami siap untuk meningkatkan kualitas produk lokal dan daya saing industri dalam negeri, khususnya dalam hal TKDN,” ujarnya dalam siaran pers, Jumat (1/2/2019).

Pada kesempatan yang sama Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi M. Nasir menyampaikan bahwa pemerintah saat ini mendorong konsep triple helix, yaitu adanya sinergi antara akademisi, pelaku usaha dan pemerintah.

Nasir juga menekankan bahwa keberpihakan terhadap inovasi dalam negeri sangatlah penting.

"Launching yang dilakukan di ITB ini yang bernama Infinite BE yang artinya juga tidak terbatas. Negara pemenang bukan hanya negara yang besar, tapi juga memiliki inovasi teknologi yang bermanfaat dan diterapkan di berbagai aspek," ujar Nasir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bppt pt inti 4g lte
Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top