Sedang Viral, Apa Sebenarnya Teleprompter?

Tiba-tiba saja media sosial ramai membahas soal teleprompter.
Mia Chitra Dinisari | 16 Januari 2019 10:38 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Tiba-tiba saja media sosial ramai membahas soal teleprompter.

Ahhirnya banyak orang juga yang mencari tahu apa sebenarnya teleprompter itu.

Menurut wikipedia, teleprompter adalah pengial baca atau alat bantu baca khususnya bagi seseorang yang ingin berbicara di depan umum. Dengan alat ini, orang tersebut akan terlihat seperti berbicara lisan tanpa menggunakan teks.

Alat ini yang seringkali dipakai para penyiar berita dalam menceritakan isi berita dengan cara yang begitu sempurna berita itu atau bagaimana para politisi menyampaikan pidato mereka dengan begitu lancar.

Teleprompter juga dikenal sebagai autocue atau telescript. Menurut propromptersoftware.com, ada permulaannya sebuah teleprompter hanyalah sebuah gulungan kertas yang "digulir" di depan pemain atau pembicara sebagai cara untuk "mendorong" mereka dari dialog mereka.

Teknologi telah banyak berubah sejak saat itu. Saat ini, teleprompter mengacu pada monitor yang dipasang di bawah sepotong kaca pembagi balok (cermin khusus yang dikembangkan untuk merekam video melalui) yang diabadikan dalam plastik hitam, logam atau kain untuk mencegah cahaya.

Kamera kemudian ditempatkan di belakang kaca pembagi berkas dan video diambil melalui cermin. Teleprompter kemudian dihubungkan ke komputer yang menjalankan perangkat lunak teleprompter yang menampilkan gambar cermin dari sebuah skrip yang menggulir sesuai dengan bakat yang dimiliki. Bakat sekarang dapat memberikan garis sambil melihat langsung ke lensa kamera (sambil membaca skrip yang ditampilkan di teleprompter) memberikan penampilan spontanitas.

Sementara itu, menurut teleprompterpad.com, ada dua jenis Teleprompters: dengan podium (juga disebut presidensial) dan dengan kamera terpasang. Ini digunakan dalam situasi di mana pembicara menghadapi audiensi langsung, seperti ceramah, pidato, dan pameran.

Mekanisme ini memiliki kristal yang setinggi mata pengguna, dipegang oleh tiang atau kaki yang mirip dengan dudukan mikrofon. Kristal ini transparan dari sudut pandang penonton tetapi dengan kemampuan pantulan dari sudut pandang pembicara. Pada dasarnya, ia menempatkan layar komputer atau pada Teleprompters generasi terakhir, sebuah iPad atau tablet Android.

Jenis teleprompter ini digunakan dalam semua jenis rekaman televisi: siaran langsung dan program majalah, kontes, program pra-rekam, iklan, dll. Autocue ditempatkan berhadapan langsung dengan lensa kamera, di mana teks diproyeksikan, dan diperbarui saat presenter membaca. Ini, seperti, dalam versi podium, jenis cermin yang transparan di sisi kamera dan yang lainnya reflektif.

Sejalan dengan kebangkitan video Internet (berkat platform seperti YouTube) dan integrasi ke dalam kehidupan sehari-hari ponsel pintar (dan tablet pintar seperti iPad), telah muncul generasi teleprompter baru yang menggantikan layar komputer yang berat dengan perangkat serbaguna ini.

Teleprompter iPad baru memiliki fungsi yang mirip dengan teleprompter studio konvensional tetapi jauh lebih ringan dan lebih mudah digunakan dan diangkut (karena mereka tidak perlu dihubungkan ke catu daya). Keuntungan lain adalah harga yang lebih terjangkau, dengan biaya sekitar seperlima dari biaya kakak mereka.

Fitur-fitur ini menjadi sangat populer baik di pengguna rumahan (pengguna YouTube) karena di antara perusahaan yang ingin, tanpa investasi besar dalam peralatan canggih, berkomunikasi dengan audiens mereka melalui video. Karena kinerja dan kepraktisannya yang sangat baik, teleprompter iPad dapat menjadi alat yang hebat bagi banyak penggemar video.

Tag : kamera
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top