BlackBerry Akuisisi Cylance

Mia Chitra Dinisari
Sabtu, 8 Desember 2018 | 09:53 WIB
/Ilustrasi
/Ilustrasi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - BlackBerry Limited telah menandatangani persetujuan untuk mengakuisisi  secara penuh Cylance, penyedia kecerdasan buatan dan keamanan siber terdepan di dunia, sebesar US$1.4 miliar tunai, ditambah insentif karyawan yang belum diperhitungkan.

Akuisisi tersebut masih menunggu persetujuan regulator dan dalam tahap penyelesaian akhir, namun diprediksi akan selesai menjelang akhir tahun fiskal BlackBerry sebelum bulan Februari 2019.

“Keahlian Cylance dalam pengembangan kecerdasan buatan dan keamanan siber akan melengkapi portofolio Blackberry, terutama untuk UEM dan QNX. Kami sangat senang dapat membawa tim Cylance dan menggabungkan kemahiran teknologi kami, “ujar John Chen, Executive Chairman and CEO of BlackBerry dalam siaran persnya.

“Kami yakin kerja sama dengan Cylance dalam meningkatkan kemampuan privasi, keamanan mobilitas, dan sistem embedded akan membantu BlackBerry Spark dalam merealisasikan impian Enterprise of Things.”

Berdasarkan Internet of Things Backbone Survey yang dilakukan oleh Gartner, keamanan dinilai sebagai aspek yang paling penting dalam kesuksesan IoT (35%). Aspek privasi (25%) dan potensi risiko & liabilitas (25%) juga termasuk dalam lima aspek terpenting dalam IoT. 

Cylance merupakan pionir dalam pengaplikasian kecerdasan buatan, sains algoritma, dan machine learning ke dalam perangkat lunak keamanan siber yang terbukti efektif dalam memprediksi dan mencegah ancaman siber baik yang belum ataupun yang sudah dikenali pada fixed endpoints.

Perusahaan tersebut cepat berkembang dan telah menjadi pemimpin pasar yang menyediakan advanced and lightweight agent yang terpasang pada endpoint, mampu beroperasi secara online maupun offline, dan hanya membutuhkan memori dan daya yang kecil. Didirikan pada tahun 2012, Cylance mampu menghasilkan pendapatan yang cukup besar dan memiliki 3,500 pelanggan korporat, termasuk 20% dari nama-nama perusahaan yang terdaftar dalam Fortune 500. 

 “Tim ahli keamanan siber kami yang sangat terampil dan kepemimpinan pasar dalam solusi endpoint generasi baru sangatlah cocok untuk BlackBerry. Pelanggan, tim, dan teknologi kami dapat merasakan manfaat langsung dari jangkauan global BlackBerry yang luas,” kata Stuart McClure, Co-Founder, Chairman, dan CEO Cylance.

“Kami antusias ingin mengabungkan kekuatan mobilitas dan keamanan BlackBerry dan teknologi kecerdasan buatan kami yang canggih untuk menyediakan layanan single platform.”

BlackBerry Spark merupakan platform komunikasi dari hulu ke hilir yang aman untuk EoT yang akan menciptakan dan memanfaatkan koneksi terpercaya antar endpoint manapun. Dirancang untuk keamanan ultra dan sertifikasi keamanan industri yang spesifik, seperti ISO 26262 yang terdapat dalam otomobil, BlackBerry Spark akan memanfaatkan portofolio perusahaan seperti FIPS-validated, app-level, AES 256-bit encryption untuk memastikan data selalu terlindungi. 

BlackBerry Spark dapat membantu perusahaan dalam mematuhi persyaratan multinasional yang ketat. BlackBerry merupakan satu-satunya penyedia platform EoT yang mampu meraih Common Criteria EAL4 + untuk iOS dan Android

BlackBerry mengharapkan bahwa setelah selesainya proses akuisisi, Cylance akan beroperasi sebagai unit bisnis terpisah dalam BlackBerry Limited.
Untuk informasi lebih lanjut mengenai akuisisi ini ataupun mengenai kedua perusahaan tersebut, silahkan kunjungi BlackBerry.com/Investors.

Perella Weinberg Partners LP bertindak sebagai penasihat keuangan eksklusif dan Morrison Foerster LLP bertindak sebagai penasihat hukum untuk BlackBerry. Morgan Stanley dan Jones Day bertidak sebagai penasihat untuk Cylance.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper