Jack Ma dan Ratu Rania Ajak Pengguna Alibaba Beramal

N. Nuriman Jayabuana
Rabu, 5 September 2018 | 21:23 WIB
Yang Mulia Ratu Rania Al Abdullah pada pembukaan Xin Philanthropy Conference 2018/Alibaba
Yang Mulia Ratu Rania Al Abdullah pada pembukaan Xin Philanthropy Conference 2018/Alibaba
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Alibaba Foundation, sebuah yayasan swasta yang didirikan oleh Alibaba Group, menyelenggarakan Xin Philanthropy Conference yang kedua sebagai bagian dari kampanye filantropi selama 9 hari oleh Alibaba sejak tanggal 1 September.

Tujuan dari konferensi ini adalah untuk menghasilkan 300 juta aksi kedermawanan dari komunitas pengguna ekosistem Alibaba - para pedagang dan konsumen, yang saat ini bahkan telah melebihi target hanya dalam waktu 2 hari saja. Acara tahun ini mengangkat tema The Power of Small yang berarti kekuatan dari hal-hal kecil.

Co-Founder sekaligus Executive Chairman Alibaba Group, Jack Ma dan Ratu Yordania Rania Al Abdullah turut hadir dalam konferensi tersebut.

Ratu Rania membahas tentang kekuatan logika dan cinta kasih, terutama untuk krisis edukasi yang terjadi di banyak belahan dunia.

“Edukasi merupakan hak setiap anak dan itu adalah bentuk cinta kasih. Edukasi juga merupakan hal logis, sumber dari perkembangan manusia, pencegah ektrmisme, dan fondasi dari dunia yang damai,” ujar Ratu Rania.

Selain mengajak masyarakat dunia untuk bergabung dalam gerakan global untuk mengatasi krisis ini, Ratu Rania juga menekankan pentingnya kekuatan kolektif dari tiap individu dalam mengatasi tantangan global. Dia percaya kekuatan ini dapat dirasakan walaupun muncul dari orang-orang yang terpisah oleh jarak.

“Ya, sesuatu yang kecil dapat berdampak signifikan. Hal yang kecil dapat berkembang menjadi besar,” tambahnya.

Jack Ma dan Ratu Rania Ajak Pengguna Alibaba Beramal

Jack Ma menambahkan kedermawanan merupakan sebuah upaya kolektif yang melilbatkan banyak orang. Menurutnya, tidak banyak aksi kedermawanan yang dilakukan oleh hanya satu orang saja. 

"Setiap individu memiliki hak dan kemampuan untuk berderma. Kontribusi besar atau kecil, tidak menjadi masalah, dan bukan berarti Anda harus melakukan suatu hal yang besar atau menjadi orang penting untuk berderma. Berderma tidak semata-mata memberikan uang, tetapi melakukannya dengan sepenuh hati, merelakan waktu, dan yang paling penting adalah tindakan Anda. Lebih dari itu, kedermawanan menjadikan kita orang yang lebih baik, dan jika setiap orang mau berpartisipasi, kita dapat membuat dunia menjadi lebih baik.”

Diluncurkan pada 2016, konferensi dua tahunan ini merupakan representasi penting dari komitmen Alibaba Group untuk mendorong pertumbuhan inklusif, universal, dan berkelanjutan untuk bisnis dan komunitas demi kepentingan bersama.

Lebih dari 1.000 peserta telah bergabung di China dan India untuk menyatukan para pelopor dan organisasi terkemuka yang ingin mendatangkan perubahan di komunitas mereka melalui kontribusi dalam hal-hal penting seperti pendidikan di daerah terpencil, keterlibatan generasi muda, keberlangsungan lingkungan hidup, dan pemberdayaan perempuan.

Konferensi juga diisi oleh pidato dan sesi berbagi pengalaman dari tokoh-tokoh ternama seperti Stanlake Samkange, Senior Director of Strategic Coordination, United Nations World Food Programme (WFP), Abdelrahman Ayman Ibrahim Mohamed, Executive Chairman of AIESEC International, dan Ruoqi Hui, pemenang Olimpiade dan pendiri Hui Ruiqi Women’s Volleyball Development Foundation.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper