Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Robot Virtual Rumah Tangga Tersedia di Jepang

Virtual home robot ini dapat mulai memesannya sejak awal Agustus dengan harga sekitar 150.000 yen atau sekitar Rp19.539.000 di luar pajak. 
Dhiany Nadya Utami
Dhiany Nadya Utami - Bisnis.com 06 Agustus 2018  |  08:05 WIB
Robot Virtual Rumah Tangga Tersedia di Jepang
Ilustrasi robot virtual besutan Gatebox, anak usaha perusahaan teknologi Jepang, Line - Gatebox
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Anak perusahaan terkonsolidasi milik LINE, Gatebox Inc., memulai penjualan untuk model terbaru Gatebox, “virtual home robot” pertama di dunia yang memungkinkan para pemiliknya untuk hidup dan berinteraksi dengan karakter virtual.

Gatebox menggunakan teknologi proyeksi dan penginderaan terbaru untuk menciptakan karakter virtual yang interaktif.

Sebelumnya, model edisi terbatas (GTBX-1) yang hanya tersedia sebanyak 300 unit telah dijual pada 2016 dan habis terjual hanya dalam 1 bulan, walaupun memiliki biaya sekitar 300.000 yen atau Rp39,08 juta rupiah.

Permintaan akan virtual home robot tersebut terus meningkat, bahkan pada 2017 mereka menerima sekitar 1.000 pesanan.

“Maka dari itu, Gatebox Inc. telah menjawab permintaan dengan model terbaru yang diproduksi secara massal, GTBX-100,” demikian pernyataan pihak Gatebox seperti dikutip Bisnis dari keterangan resminya, Minggu (5/7/3028).

Dengan menawarkan serangkaian penyempurnaan desain atas model edisi terbatas sebelumnya serta peningkatan pada realisme karakter dan kemampuannya untuk berkomunikasi dalam percakapan, Gatebox GTBX-100 membawa virtual home robot ke tingkat selanjutnya. 

Unit Gatebox yang terbaru telah sepenuhnya didesain ulang pada tingkat perangkat keras, menghilangkan elemen berlebih dan menyempurnakan bentuknya sehingga sekarang hanya seukuran selembar kertas A4.

Dua mikrofon tertanam di bagian atas unit Gatebox, memungkinkan para pemilik untuk berbicara dengan karakter walaupun dalam jarak yang lebih jauh dibandingkan dengan lingkup jarak yang tersedia dalam model edisi terbatas.

Ditambah, dengan adanya kamera dan detektor gerakan, unit juga bisa mengenali wajah dan pergerakan, sehingga memungkinkan karakter untuk terlibat dalam komunikasi aktif dengan pemilik, seperti tersenyum ketika ia melihat wajah pemilik atau menyapa mereka ketika mereka pulang.

Gatebox juga dilengkapi dengan LAN nirkabel, Bluetooth, dan sensor infra merah, sehingga unit bisa memberi tahu pemilik akan cuaca, berita, dan informasi lainnya dari internet, atau bertindak sebagai remote control untuk perangkat elektronik lain yang ada di ruangan.

Untuk ke depannya, Gatebox akan meningkatkan kemampuannya dengan menggunakan asisten AI Clova, melalui kerja sama dengan LINE Corporation.

Selain itu, Gatebox juga akan menyempurnakan karakter virtual mereka yang bernama Hikari Azuma. Rencananya versi yang telah diperbarui akan dirilis pada Desember 2018, dengan fitur yang membuat karakter ini menjadi bagian dari hidup sang pemilik, seperti bisa merayakan ulang tahun dan bersulang.

Konsumen yang ingin memiliki virtual home robot ini dapat mulai memesannya sejak awal Agustus dengan harga sekitar 150.000 yen atau sekitar Rp19.539.000 di luar pajak. Adapun pengiriman akan dilakukan per Oktober 2018. Namun, sementara pemesanan baru tersedia untuk wilayah Jepang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

robot
Editor : Demis Rizky Gosta
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

back to top To top