Kenapa Internet ‘Ngadat’ Saat Kondisi Padat?

Pernahkah Anda mengalami internet 'ngadat' di saat yang tidak tepat? Semisal, ketika jam sibuk atau di keramaian? Ini penjelasannya.
Duwi Setiya Ariyanti | 14 Juni 2018 12:40 WIB
Ilustrasi kafe siber - wikimedia commons

Bisnis.com, JAKARTA - Pernahkah Anda mengalami internet 'ngadat' di saat yang tidak tepat? Semisal, ketika jam sibuk atau di keramaian? Ini penjelasannya.

Manager Media Relations Telkomsel Singue Kilatmaka mengatakan masalah koneksi internet di keramaian atau jam sibuk kerap kali disebut ‘congestion’. Tak hanya kendaraan yang bisa macet, tapi jumlah nomor di jaringan yang akan mengakses data juga demikian.

Menurutnya, ‘congestion’ itu karena terlalu banyak pengakses internet di lokasi yang sama, dalam kurun waktu bersamaan.

"Congestion itu karena crowded saja jaringan biasanya congest karena banyak pengakses masuk dalam titik waktu yang sama," ujarnya saat dihubungi Bisnis, Kamis (14/6/2018).

Congestion ini terjadi karena jumlah pengakses lebih tinggi dari kapasitas base transceiver station (BTS) terdekat yang menjangkau lokasi tersebut. Dia menyebut setiap BTS memiliki kapasitas masing-masing berapa beban yang bisa dilayani.

Sebagai contoh, dia menuturkan, bila kapasitas BTS hanya melayani 150 pelanggan, namun ternyata terdapat 200 pengakses yang ingin masuk secara bersamaan, maka sisanya harus mengantre masuk. Alhasil, terdapat lag untuk pengakses ke-151 hingga pengakses ke-200 untuk bisa menikmati layanan dari BTS yang sama.

"Kapasitasnya, 150 pelanggan di waktu bersamaan kalau ada 200, dia nge-lag sedikit," katanya.

Bila masalah ini terjadi, dia menyarankan agar melakukan tiga cara paling umum. Pertama, berpindah ke lokasi lain. Lokasi lain bisa saja menawarkan kualitas jaringan lebih prima karena beban layanan yang lebih rendah.

Kedua, melakukan pembaruan pada pengaturan jaringan di ponsel dan mencoba mode terbang. Terakhir, bila masih bermasalah, bisa menghubungi kontak pelayanan konsumen sesuai dengan operator seluler.

"Refresh, update location pindah sedikit atau airplane, jaringan internetnya dinyalakan--dimatikan lagi. Itu yang paling umum. Kalau terus bermasalah, bisa telepon call center," tambah Singue.

 

Tag : internet
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top