Koneksi Internet di Ponsel Android Anda Bermasalah? Begini Cara Mengatasinya

Duwi Setiya Ariyanti
Kamis, 14 Juni 2018 | 10:55 WIB
Android/Antara
Android/Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Terputusnya koneksi internet di ponsel kerap kali mengesalkan terlebih saat Anda harus mengakses aplikasi untuk menghilangkan rasa bosan. Berikut beberapa cara mengatasi masalah koneksi internet untuk pengguna ponsel Android.

Dikutip dari laman resmi Google, Kamis (14/6/2018), koneksi internet yang buruk mengakibatkan Anda tak bisa mengakses layanan data sehingga tak bisa mengakses berbagai aplikasi. Beberapa masalah paling umum yang menjadi penanda adanya masalah koneksi internet yakni, proses pengunduhan tak berjalan, waktu habis atau time out atau bahkan berada di angka 0%.

Selain itu, masalah koneksi internet juga terlihat bila Anda menemukan respons memproses atau loading saat membuka Google Play. Terakhir, laman di aplikasi peramban tak bisa memproses permintaan. Jika Anda mengalami pengalaman seperti ini, pertama, Anda bisa menyalakan ulang ponsel. Cara ini juga bisa dilakukan dengan mematikan beberapa detik lalu menyalakan kembali.

Kedua, bila menyalakan ulang tak membawa perubahan, Anda bisa mengubah pengaturan jaringan dengan menggunakan Wifi atau jaringan seluler. Cobalah untuk menggunakan salah satunya untuk melihat jaringan mana yang bermasalah.

Ketiga, untuk penggunaan jaringan seluler, Anda bisa melakukan perubahan tipe jaringan seperti 3G ke 4G. Lalu, Anda bisa melihat perubahan di bagian atas layar apakah sinyal penuh.

Bila sinyal tetap tak tersedia, kemungkinan Anda berada di wilayah yang tak terjangkau jaringan seluler. Anda pun bisa berpindah ke tempat lain yang mungkin bisa lebih mudah tersentuh jaringan.

Keempat, ubah pengaturan ke mode terbang lalu kembali ke mode normal. Beri jeda 10 detik sebelum Anda mematikan mode terbang untuk melihat perubahan. Bila langkah ini masih belum membantu, Anda bisa menghubungi operator seluler terkait untuk mendapatkan solusinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper