Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Ini Penampakan Robot Pertama di Dunia yang Melayani Pemesanan Pizza

Mastercard dan Softbank Robotics menghadirkan pengalaman baru bagi para pelanggan dalam menikmati Pizza Hut. Serasa dibawa ke masa depan, kini pesan makanan khas Italia itu bisa dilayani dengan robot. Bahkan, bisa berbicara layaknya manusia.
Puput Ady Sukarno
Puput Ady Sukarno - Bisnis.com 15 Maret 2018  |  09:11 WIB
Bagikan

Bisnis.com, SINGAPURA - Mastercard dan Softbank Robotics menghadirkan pengalaman baru bagi para pelanggan dalam menikmati Pizza Hut. Serasa dibawa ke masa depan, kini pesan makanan khas Italia itu bisa dilayani dengan robot. Bahkan, bisa berbicara layaknya manusia.

Robot bernama Pepper yang akan melayani pesanan dan sekaligus pembayaran dari pelanggan itu mulai diperkenalkan kepada dunia pertama kalinya oleh Mastercard dan Softbank Robotics di gerai Pizza Hut, SAFRA Punggol, Singapura, Rabu (14/3/2018).

Selama 14-18 Maret 2018, para pengunjung di outlet Pizza Hut tersebut akan menjadi yang pertama di Asia Tenggara untuk bisa merasakan teknologi terbaru tersebut.

Kan Kiyota, Marketing Director SoftBank Robotics (kiri), Pepper, dan Tobias Puehse Vice President Innovation Management Digital Payment and Labs Asia Pacific Mastercard saat memperagakan percakapan peluncuran robot yang mampu menerima pesanan sekaligus pembayaran di gerai Pizza Hut.

Robot tersebut merupakan inovasi sistem pembayaran terbaru yang baru pertama kali dihadirkan Mastercard di Asia Tenggara. Guna memberikan pengalaman lebih baik bagi pelanggannya dan merasakan kualitas hidup tanpa batas .

Pelanggan terlebih dahulu harus menyapa robot warna putih seukuran anak kecil itu dan menyelaraskan (pairing) akun Masterpass dari si pelanggan dengan aplikasi yang sudah disematkan di dalam robot tersebut.

Kemudian, pelanggan dapat secara lisan memberi tahu pesanannya, mulai dari ukuran maupun rasa pizza yang diinginkan. Lantas akan diminta mengambil papan berisi nomor meja dan kode QR code.

Pelanggan akan diminta menunjukkan kode QR tersebut di depan mata sang robot. Kode itu berisi informasi meja sebelah mana si pelanggan duduk dan menunggu pesanan.

Kemudian, proses pembayarannya langsung dilakukan saat itu juga dengan menggunakan Masterpass. Pelanggan tinggal menunggu pesanannya datang yang akan diantarkan langsung oleh karyawan manusia dari outlet Pizza Hut bersangkutan.

Pepper dikembangkan oleh Softbank Robotics, perusahaan yang berbasis di Jepang, yang juga telah menggunakan robot ini dalam layanan pelanggan dan ritelnya. "Kami fokus pada bagaimana robot ini dapat membantu cara orang hidup saat ini," tutur Kan Kiyota, Direktur Pemasaran SoftBank Robotics.

Baik Mastercard maupun Softbank Robotics berharap agar peluncuran robot pelayan di Singapura tersebut akan mempercepat evolusi pembayaran di era digital demi pengalaman pelanggan yang lebih baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

robot
Editor : Hendri Tri Widi Asworo
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

back to top To top