Cegah Penyebaran Konten Negatif di Medsos, Literasi Digelar di 100 Kota

Nurudin Abdullah
Selasa, 6 Maret 2018 | 01:02 WIB
Ilustrasi/Botswanayouth
Ilustrasi/Botswanayouth
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Penyebaran konten negatif di media sosial menjadi persoalan penting di Indonesia sekarang, yang harus dicegah dengan cara membajirinya dengan konten-konten yang positif.

Ketua Umum Siberkreasi, Dedy Permadi mengatakan pihaknya akan melakukan kegiatan sosialisasi dan literasi digital di 100 kota di Indonesia, serta menggelar workshop tentang bagaiman membuat konten yang positif dan bermanfaat.

“Kami sudah mendapat dukungan dari 71 lembaga dan komunitas. Karena itu, kami sangat berterimakasih kepada Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) yang sudah banyak membantu kami,” katanya, Senin (5/3/2018)

Menurutnya, Siberkreasi merupakan gerakan nasional untuk menanggulangi ancaman potensi bahaya yang dihadapi bangsa Indonesia, yaitu penyebaran konten negatif melalui internet seperti hoax, cyberbullying dan online radicalism.

Upaya penanggulangan ancaman itu, lanjutnya, dilakukan dengan cara menyosialisasikan literasi digital ke berbagai sektor terutama pendidikan, serta mendorong dimasukkannya materi literasi digital ke dalam kurikulum formal.

“Gerakan ini juga mendorong masyarakat untuk aktif berpartisipasi menyebarkan konten positif melalui internet dan lebih produktif di dunia digital,” ujarnya saat bertemu pimpinan KPI Pusat

Sementara itu Ketua KPI Pusat, Yuliandre Darwis, mengatakan pihaknya dan Siberkreasi akan melakukan sosialisasi literasi digital ke sejumlah kota di tanah air dalam upaya memerangi penyebaran konten negatif di media sosial.

“Literasi ini diharapkan membuat masyarakat dapat menggunakan media sosial secara benar dan bermartabat. Dan kami akan kick off pada saat peringatan Hari Penyiaran Nasional 2018 di Palu, Sulawesi Tenggara, pada 1 April 2018,” katanya.

Dia menjelaskan keberadaan komunitas Siberkreasi selaras dengan tujuan KPI untuk mencerdaskan masyarakat dalam memanfaatkan media, serta ingin melakukan perubahan positif dan lebih baik terhadap negeri ini.

Menurut Komisioner KPI Pusat, Mayong Suryo Laksono, kerjasama antara KPI dan Siberkreasi diharapkan dapat mengembangkan kualitas konten penyiaran dan media sosial.

“Teman-teman Siberkreasi bermain di wilayah yang sangat luas dan peluangnya untuk bersinergi [dengan KPI] sangat tinggi,” tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Nurudin Abdullah
Editor : Fajar Sidik
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper