Investasi di Go-Jek, Google Berkomitmen Kembangkan Ekonomi Digital Indonesia

Aprianto Cahyo Nugroho
Senin, 29 Januari 2018 | 13:55 WIB
Pengemudi Gojek./JIBI-Nurul Hidayat
Pengemudi Gojek./JIBI-Nurul Hidayat
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Google menyatakan telah berinvestasi pada layanan ojek online Go-Jek.

Dilaporkan Reuters, Caesar Sengupta, Wakil Presiden Google mengatakan investasi ini sebagai bagian dari strategi untuk mendukung dan berpartisipasi dalam pertumbuhan ekonomi Internet di Indonesia

"Investasi ini membuat kami dapat bermitra dengan pemain dalam ekosistem startup Indonesia yang yang berkembang ini, sekaligus memperdalam komitmen kita terhadap ekonomi Internet di Indonesia," kata Sengupta dalam blog perusahaan, seperti dikutip Reuters, Senin (29/1/2018).

Bulan ini, seorang sumber perusahaan mengatakan kepada Reuters bahwa Google, Temasek, dan Meituan-Dianping menjadi investor di Go-Jek dan ikut dalam tahap pengumpulan dana yang dimulai  akhir tahun lalu. Adapun Meituan-Dianping merupakan sebuah perusahaan platform online asal China.

Selain tiga perusahaan itu, KKR & Co. LP dan Warburg Pincus LLC juga ikut serta dalam pengumpulan dana tersebut. Dana yang dikumpulkan disebut mencapai US$1,2 miliar, tapi tidak diketahui berapa injeksi dana dari masing-masing perusahaan.

Investasi ini memberikan kekuatan lebih bagi Go-Jek untuk memenangkan persaingan dengan para rivalnya, seperti Grab dan Uber. Indonesia menjadi tujuan ekspansi karena pasarnya sangat besar.

Seperti diketahui, selain menawarkan layanan transportasi online, Go-Jek juga memiliki layanan pengiriman makanan lewat Go-Food. Layanan pembayaran Go-Pay yang dimiliki perusahaan itu pun berkembang pesat dan saat ini Go-Jek tengah mengembangkan teknologi pembayaran berbasis kode QR.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Editor : Fajar Sidik
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper