Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Nokia Dorong Broadband Buat Tanggap Darurat

Faktor yang bisa mendorong pemanfaatan teknologi pita lebar untuk kepentingan publik di Indonesia yaitu Asian Games Jakarta 2018, spektrum PPDR, dan risiko bencana alam.
Agne Yasa
Agne Yasa - Bisnis.com 18 Oktober 2017  |  17:31 WIB
Sejumlah warga melihat Gunung Agung dari Desa Batu Niti yang berjarak sekitar 12 kilometer dari gunung berstatus awas itu, Karangasem, Bali, Senin (25/9). Sebagian warga yang tinggal di kawasan rawan bencana di lereng timur laut Gunung Agung masih belum mengungsi meski gunung berstatus awas dan mereka telah dihimbau untuk meninggalkan kampung. ANTARA FOTO - Nyoman Budhiana
Sejumlah warga melihat Gunung Agung dari Desa Batu Niti yang berjarak sekitar 12 kilometer dari gunung berstatus awas itu, Karangasem, Bali, Senin (25/9). Sebagian warga yang tinggal di kawasan rawan bencana di lereng timur laut Gunung Agung masih belum mengungsi meski gunung berstatus awas dan mereka telah dihimbau untuk meninggalkan kampung. ANTARA FOTO - Nyoman Budhiana

JAKARTA — Jaringan pita lebar mobile di Indonesia berpotensi dimanfaatkan sebagai infrastruktur penunjang layanan tanggap darurat.

Potensi adopsi teknologi pita lebar mobile di Indonesia dipaparkan dalam riset Nokia dan Tolaga Research. Riset tersebut menyatakan pemanfaatan pita lebar mobile buat layanan tanggap darurat masih rendah meskipun tingkat pertumbuhan adopsi teknologi tersebut sangat tinggi.

Head of End-to-End Sales Development Nokia Indonesia Himansu Chuchra mengatakan penelitian ini mengevaluasi prospek keamanan publik berbasis pita lebar di Vietnam, Indonesia, Jepang, Bangladesh dan Thailand.

Penelitian ini menemukan bahwa meskipun kelima negara tersebut berada pada tahap yang berbeda dalam perjalanan pengadopsian broadband, ada kebutuhan untuk meningkatkan kemampuan keamanan publik dan kemampuan untuk mengatasi ancaman baru.

Dia menambahkan terdapat beberapa faktor yang bisa mendorong pemanfaatan teknologi pita lebar untuk kepentingan publik di Indonesia yaitu  Asian Games Jakarta 2018, spektrum radio public protecion and disaster relief (PPDR), dan risiko bencana alam.

Asian Games 2018 diharapkan dapat mendorong peluang penerapan broadband untuk keamanan publik melalui pengawasan video di seluruh kota. Kemudian, spektrum radioPPDR, Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) berencana mengalokasikan spektrum radio 2x10 MHz khusus untuk PPDR dalam lelang 700 MHz mendatang.

Selanjutnya, Indonesia memiliki kerentanan yang relatif tinggi terhadap risiko bencana alam. Hampir 69,8% negara-negara lain memiliki risiko bencana alam yang lebih rendah daripada Indonesia.

Selain otoritas pemerintah yang bertanggung jawab atas peraturan telekomunikasi, para pemangku kepentingan lainnya yang memiliki pengaruh kuat terhadap perkembangan awal ekosistem LTE adalah para pemilik jaringan dan instansi pengguna keamanan publik.

Dia merekomendasikan INdonesia  mendorong penggunaan komunikasi penting berbasis LTE dalam acara besar yang diadakan di stadion dan ketika terjadi bencana alam, memperluas cakupan LTE ke dalam bisnis terkait dan aplikasi tanggap darurat, serta mempercepat rencana-rencana untuk menyelaraskan spektrum 700 MHz untuk keamanan publik

President Director Nokia Indonesia Robert Cattanach mengatakan teknologi telah tersedia saat ini dan diperkirakan pada 2019 teknologi 5G akan hadir di Indonesia, menurutnya akan banyak area yang dapat dikerjakan secara lebih baik dan aman.

Dia menjelaskan Nokia memiliki solusi  end-to-end, dengan ekosistem yang semakin besar setiap harinya, namun 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

broadband
Editor : Demis Rizky Gosta
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top