Perluas Layanan 4G, XL Targetkan 200 BTS di Lampung

Kontributor Lampung
Senin, 1 Mei 2017 | 13:53 WIB
XL Axiata/xl.co.id
XL Axiata/xl.co.id
Bagikan

Bisnis.com, BANDAR LAMPUNG — PT XL Axiata Tbk. (XL Axiata) akan membangun 200 base transceiver station (BTS) di 13 kabupaten/kota se-Provinsi Lampung. Hingga saat ini, BTS yang telah dibangun sebanyak 70 unit dan ditargetkan sebelum memasuki Ramadan tahun ini seluruhnya selesai terbangun.

Vice President XL Axiata Area Sumatera Francky Rinaldo Pakpahan mengatakan, sebanyak 200 BTS 4G tersebut akan menopang layanan data digital pelanggan di Lampung. Pelanggan di kota Bandar Lampung akan lebih dulu mendapatkan akses yang luas. Sementara itu, di kota/kabupaten lainnya secara bertahap akan terus ditingkatkan area cakupannya.

Kota/kabupaten lainnya yaitu Lampung Selatan, Pesawaran, Lampung Tengah, Lampung Timur, Kota Metro, Pringsewu, Tanggamus, Lampung Barat, Lampung Utara, Way Kanan, Mesuji, dan Tulangbawang Barat.

Francky menjelaskan trafik akses layanan data digital terus meningkat di hampir semua wilayah layanan XL Axiata, termasuk di kota-kota di luar Jawa. Trafik layanan data paling dominan adalah akses ke video yang mencapai 40%. Karena itu, XL dituntut menyediakan jaringan data yang benar-benar berkualitas sehingga pelanggan merasa nyaman mengakses konten-konten berkapasitas besar.

Mulai akhir bulan ini, masyarakat di wilayah Lampung dan Sumatra Barat dengan total 31 kota/kabupaten dapat mengakses layanan Internet cepat tersebut untuk mendukung berbagai aktivitas. Peresmian dipusatkan di Bundaran Tugu Adipura, Bandar Lampung, Minggu (30/4).

Vice President LTE XL Axiata Rahmadi Mulyohartono menambahkan, untuk wilayah Sumatra Barat, sebanyak 18 kota/kabupaten telah tersedia 240 unit BTS 4G. Padang menjadi kota yang lebih dulu mendapatkan layanan ini.

Sementara di kota/kabupaten lainnya secara bertahap akan terus diperkuat jaringan layanan 4G. Kota/kabupaten tersebut meliputi Kabupaten Dharmas Raya, Padang Pariaman, Pesisir Selatan, Sijunjung, Solok, Solok Selatan, Kota Padang, Kota Pariaman, Kota Sawah Lunto, Kota Solok, Kota Bukittinggi, Agam, Lima Puluh Koto, Pasaman, Pasaman Barat, Kota Padang Panjang, dan Kota Payakumbuh.

Rahmadi melanjutkan, rencana pengembangan jaringan 4G LTE oleh XL Axiata sudah dilakukan di kota-kota yang memiliki potensi secara bisnis serta telah memiliki kesiapan ekosistem layanan 4G. Di kota-kota yang baru mendapatkan layanan 4G LTE ini, pelanggan layanan data digital XL Axiata terus mengalami peningkatan.

Untuk wilayah Bandar Lampung dan sekitarnya, sekitar 88% pelanggan mengakses layanan data. Sementara itu, dalam dua tahun terakhir terjadi peningkatan trafik layanan data masing-masing 18% di Lampung dan 28% di Padang dan sekitarnya.

Pengembangan jaringan dan infrastruktur dilakukan dengan prioritas di semua ibu kota provinsi, dilanjutkan dengan pembangunan jaringan infrastruktur 4G di kota dan ibu kota tingkat kabupaten.

"Dengan pengembangan seperti itu, maka manfaat layanan Internet cepat ini akan bisa lebih maksimal didapatkan baik oleh konsumen perorangan, kalangan usaha, industri besar, hingga pemerintahan daerah," kata Rahmadi.

Cakupan layanan di setiap kota meliputi area-area yang menjadi pusat aktivitas warga dan pemerintahan, seperti pusat-pusat bisnis, pemerintahan, serta  pendidikan. XL Axiata akan terus memperluas cakupan wilayah layanan ini sehingga kualitas layanan akan terus meningkat hingga ke area pinggiran kota dan bahkan pedesaan.

Hingga akhir tahun ini, kota selanjutnya yang akan segera mendapatkan layanan 4G LTE antara lain Banda Aceh, Lhokseumawe, Sekayu, Tebing Tinggi, Deli, Pematang Siantar, Pangkalan Brandan, Sibolga, Brastagi, Dumai, Jambi, Lahat, Tanjung Balai Karimun, Lubuk Linggau, Muara Bungo, Muara Enim, Pangkal Pinang, Tanjung Pinang, Muntok, Batu Raja, Bengkulu, Curup, Kayu Agung, dan Kota Bumi.

XL Axiata telah melayani pelanggan di 103 kota/kabupaten di berbagai wilayah Indonesia dengan layanan 4G LTE. Pada awal April 2017 lalu telah diresmikan layanan 4G di dua kota besar Kalimantan Timur, yaitu Samarinda dan Balikpapan.

Total jumlah pelanggan XL Axiata yang menggunakan 4G lebih dari 15 juta. XL Axiata pun terus membangun infrastruktur dan teknologi pendukung untuk Internet cepat ini. Sampai akhir 2017 nanti XL Axiata menargetkan sedikitnya 17.000 BTS 4G untuk menopang layanan di 330 kota/kabupaten.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper