Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

XL Perluas 4G LTE di Lampung, Sumatra Barat, dan Jawa Tengah

PT XL Axiata Tbk. memperluas layanan jaringan 4G LTE di 37 kota/kabupaten di Lampung, Sumatera Barat, dan Jawa Tengah mulai Mei 2017
Lavinda
Lavinda - Bisnis.com 01 Mei 2017  |  16:16 WIB
XL Perluas 4G LTE di Lampung, Sumatra Barat, dan Jawa Tengah
General Manager LTE Execution Assurance XL Axiata Ronhugo Verry Leonard Tambunan (kiri) memberikan penjelasan disaksikan Vice President XL Axiata North Region Handono Warih (kedua kiri) XL GM Finance and Management Services North Region Mozes Haryanto Baottong (kanan) dan GM Sales Operation XL Axiata Kalimantan Area Eko Setyawan pada acara Kaltim Fair 2017 di Samarinda, Sabtu (22/4). XL memasang BTS 4G sebanyak 100 unit di Balikpapan dan 80 unit di Samarinda. - JIBI/Paulus Tandi Bone
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — PT XL Axiata Tbk. memperluas layanan jaringan 4G LTE di 37 kota/kabupaten di Lampung, Sumatera Barat, dan Jawa Tengah mulai Mei 2017.

Chief Service Management Officer XL Axiata Yessie D. Yosetya menyampaikan pengembangan jaringan dan infrastruktur dilakukan di semua ibukota provinsi, dilanjutkan ke kota dan ibukota kabupaten. Cakupan layanan di setiap kota meliputi area yang menjadi pusat aktivitas warga, pemerintahan, bisnis, dan pendidikan.

“Peresmian di 37 kota/kabupaten itu sekaligus menambah wilayah layanan 4G LTE di Sumatra dan Jawa Tengah yang kaya potensi ekonomi,” ujarnya dalam acara peresmian di Bandar Lampung dalam siaran pers yang diterima Bisnis, Senin (1/5/2017).

XL menambah 200 Base Transceiver Station (BTS) 4G di wilayah Lampung. Pelanggan di Kota Bandar Lampung akan lebih dulu mendapatkan akses Internet. Pengembangan kemudian dilakukan secara bertahap ke Kabupaten Lampung Selatan, Pesawaran, Lampung Tengah, Lampung Timur, Kota Metro, Pringsewu, Tanggamus, Lampung Barat, Lampung Utara, Way Kanan, Mesuji, dan Tulangbawang Barat.

Sebanyak 18 kota/kabupaten Sumatera Barat akan dilayani oleh 240 BTS 4G di area yang meliputi Kota Padang Kabupaten Dharmas Raya, Padang Pariaman, Pesisir Selatan, Sijunjung, Solok, Solok Selatan, Kota Padang, Kota Pariaman, Kota Sawah Lunto, Kota Solok, Kota Bukittinggi, Agam, Lima Puluh Koto, Pasaman, Pasaman Barat, Kota Padang Panjang, dan Kota Payakumbuh.

Hingga akhir 2017, kota-kota di wilayah Sumatra yang akan segera mendapatkan layanan 4G LTE selanjutnya antara lain Banda Aceh, Lhokseumawe, Sekayu, Tebing Tinggi, Deli, Pematang Siantar, Pangkalan Brandan, Sibolga, Brastagi, Dumai, Jambi, Lahat, Tanjung Balai Karimun, Lubuk Linggau, Muara Bungo, Muara Enim, Pangkal Pinang, Tanjung Pinang, Muntok, Batu Raja, Bengkulu, Curup, Kayu Agung, dan Kota Bumi.

Sementara itu, untuk layanan di Jawa Tengah, akses layanan data digital di Purwokerto dan sekitarnya mengalami peningkatan 52% dalam 2 tahun terakhir. Saat ini sebanyak 70% dari pelanggan di lima kota/kabupaten di wilayah Purwokerto dan sekitarnya telah aktif mengakses layanan data digital.

Selain itu, pelanggan di lima kota/kabupaten sekitarnya juga mulai bisa mengakses layanan 4G dengan dukungan 310 BTS 4G, yakni Cilacap, Purbalingga, Banyumas, Kebumen, dan Banjarnegara.

Pada tahun yang sama, XL juga akan menggelar layanan di kota-kota lain, yaitu Kendal, Kudus, Purworejo, Purwodadi, Jepara, Pati, Wonogiri, Klaten, Sragen, dan Wonosobo.

Saat ini, XL Axiata telah melayani pelanggan di 103 kota/kabupaten di berbagai wilayah Indonesia dengan layanan 4G LTE. Awal April 2017 lalu, operator swasta itu telah meresmikan layanan 4G di Samarinda dan Balikpapan. Total jumlah pelanggan XL Axiata yang menggunakan 4G diklaim mencapai 15 juta.

Sampai akhir tahun 2017 nanti XL Axiata mentargetkan sedikitnya 17.000 BTS 4G untuk menopang layanan di 330 kota/kabupaten.

Secara nasional,Yessie menambahkan, tren akses ke layanan data digital terus meningkat di hampir semua wilayah, termasuk area pinggiran kota. Trafik layanan data paling dominan adalah akses ke video yakni sebesar 40%.

Untuk wilayah Bandar Lampung dan sekitarnya sebanyak 88% pelanggan mengakses layanan data, Padang dan sekitarnya 70%, dan Purwokerto 70%. Sementara itu, dalam 2 tahun terakhir terjadi peningkatan trafik layanan data masing-masing 109% di  Lampung dan 28% di Padang dan sekitarnya.

“Maka itu, XL perlu menyediakan jaringan data yang berkualitas sehingga pelanggan nyaman mengakses konten berkapasitas besar,” kata Yessie.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

xl axiata 4g
Editor : Demis Rizky Gosta
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

back to top To top