Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Teknologi Informasi Harus Persempit Kesenjangan

Pemerintah memastikan pergelaran infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi tetap akan memperhatikan masalah sosial dan budaya masyarakat.nn
Samdysara Saragih
Samdysara Saragih - Bisnis.com 30 Maret 2017  |  18:19 WIB
Ilustrasi - Bloomberg
Ilustrasi - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah memastikan pergelaran infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi tetap akan memperhatikan masalah sosial dan budaya masyarakat.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan TIK berfungsi sebagai pemampu (enabler) pertumbuhan ekonomi sekaligus mentransformasi masalah sosial dan budaya. “Kami membangun infrastruktur digital. Jangan membangun infrastruktur kaget-kagetan tapi masalah sosial belum siap. Seperti di daerah Papua yang masih memakai koteka, dari sisi sosial harus ditata,” katanya dalam pernyataan resmi, Kamis (30/3/2017).

Rudiantara mengakui masih banyak pekerjaan rumah Indonesia seperti rasio gini yang masih di angka 0,4. Namun, mantan Wakil Direktur Utama PT Semen Gresik Tbk ini menegaskan pemerintah berkomitmen untuk mengembangkan ekonomi digital yang mengoptimalkan TIK sesuai dengan kondisi lokal.

Dia mencontohkan utilisasi TIK itu pada platform transporasi daring (online) seperti Gojek. Dengan platform tersebut, Rudiantara meyakini kesenjangan antara orang berpunya dan miskin bisa dipersempit. Begitu pula dengan platform perdagangan secara elektronik didorong agar turut mengatasi masalah ketimpangan.

“Rasio gini ini menjadi isu. Mempersempit kesenjangan menjadi isu sesuai dengan tema pemerintah Indonesia tahun 2017 yaitu pemerataan,” kata mantan Direktur PT XL Axiata Tbk ini.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

teknologi informasi rudiantara
Editor : Martin Sihombing

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top