Antusiasme Pemuda Indonesia Meningkat Ikut Ajang Inovasi Teknologi

Jumlah peserta pelajar dan mahasiswa yang mendaftar dalam Imagine Cup yang digelar oleh Microfost meningkat 10% pada 2017.
M. Nurhadi Pratomo
M. Nurhadi Pratomo - Bisnis.com 17 Maret 2017  |  23:45 WIB
Antusiasme Pemuda Indonesia Meningkat Ikut Ajang Inovasi Teknologi
Ilustrasi - Youtube

Bisnis.com, JAKARTA — Jumlah peserta pelajar dan mahasiswa yang mendaftar dalam Imagine Cup yang digelar oleh Microfost meningkat 10% pada 2017.

Sejak pendaftaran dibuka pada Desember 2016, tercatat sebanyak 521 tim berasal dari berbagai daerah di Tanah Air mendaftarkan diri dalam program tersebut. Pihak Microfost mengklaim hal tersebut sebagai bentuk antusiasme pelajar dan mahasiswa untuk menjadi pengembang dan wirasuhawan digital.

Audience Evangelism Manager Microsoft Indonesia Irving Hutagalung mengungkapkan tim dewan juri memerlukan diskusi yang panjang sebelum akhirnya berhasil menyaring para peserta.

"Seluruh tim yang berpartisipasi sungguh menunjukkan kreativitas mereka. Kami, tim seleksi yang terdiri dari pegawai dan ex-pegawai Microsoft Indonesia di bidang teknologi, sempat melalui proses diskusi yang panjang sebelum akhirnya sepakat memilih 10 submission terbaik,” ujar Irving dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis.com, Jumat (17/3).

Irving mengatakan sebanyak 50% proses penilaian berfokus pada pemanfaatan teknologi dan pengembangan aplikasi. Namun, pada tahun ini pihak penyelenggara tak membatasi Imagine Cup ke dalam beberapa kategori seperti yang dilakukan tahun sebelumnya.

"Berbeda dari Imagine Cup tahun-tahun sebelumnya, tahun ini kami tidak mengklasifikasikan Imagine Cup ke dalam kategori InnovationGames, dan World Citizenship, sehingga membebaskan kreativitas para peserta dalam berinovasi," imbuh Irving.

Kemarin, Microsoft Indonesia telah memilih lima finalis yang akan melanjutkan ke babak final tingkat nasional pada 6 April 2017. Pemenang babak final tingkat nasional nantinya akan diberangkatkan ke Manila, Filipina untuk bertemu dan berkompetisi dengan pemenang-pemenang dari negara-negara Asia Tenggara lainnya, memperebutkan tiket ke World Final Imagine Cup 2017. 

World Final tersebut akan diselenggarakan di Seattle, Amerika Serikat, bulan Juli mendatang. Adapun lima finalis yang masih bertahan hingga saat ini berasal dari lima Universitas nasional.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
microsoft, digital

Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top