Telkom Resmikan Data Center Ke-3 di Singapura

Riendy Astria
Selasa, 22 November 2016 | 20:18 WIB
Peresmian data Centre Telkom di Singapura/Riendy Astria
Peresmian data Centre Telkom di Singapura/Riendy Astria
Bagikan

Bisnis.com, SINGAPURA-- Telekomunikasi Internasional Singapura, yang merupakan anak usaha PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk. meresmikan data center ketiganya, yakni Telin-3 yang berlokasi di Singapore Data Centre Park di Jurong, Singapura.

Sebelum diresmikannya Telin-3 ini, Telkom sudah memiliki dua data center yang terletak di Changi dan Tai Seng, Singapura. Peresmian data center Telin-3 ini merupakan langkah penting bagi Telkom untuk menjadi perusahaan telekomunikasi digital terdepan di regional.

Adapun, Menteri BUMN Rini Soemarno dan Menteri Komunikasi dan Informasi Singapura Janil Puthucheary hadir untuk meresmikan Telin-3, pada Selasa (22/11/2016) malam di Suntec City Convention and Exhibition Centre.

CEO Telin Singapura Septika N. Widyasrini mengatakan Telin-3 merupakan penyedia carrier-neutral data center yang telah tersambung oleh jaringan serat optik domestik milik Telin Singapura.

Telin-3 dirancang sebagai data center premium yang futuristik. Data center ini mendapat sertifikasi rancangan Tier-IV dari Uptime Institute (UTI), sebuah institusi data center yang memiliki reputasi internasional. Sertifikasi ini diberikan kepada Telin-3 lantaran telah memenuhi standar pengelolaan risiko yang ketat, dan jaminan keamanan data yang dibutuhkan beragam industri.

“Telin-3 juga terhubung dengan jaringan kabel laut internasional milik TelkomGroup, sehingga menjadikan posisinya sebagai Global Telecommunication Hub. Telin-3 juga melayani cloud dan conection,” katanya, Selasa (22/11).

CEO Telkom Group Alex J. Sinaga mengatakan pengoperasian data Center Telin-3 ini merupakan salah satu langkah penting bagi TelkomGroup dalam mewujudkan visi perusahaan untuk menjadi King of Digital di regional.

"Kami optimistis, investasi ini akan meningkatkan kemampuan kami untuk mendukung ekosistem bisnis digital pelanggan secara regional maupun global,"

Menteri BUMN Rini Soemarno menuturkan bahwa langkah Telkom ini akan semakin mengeratkan kerjasama bisnis kedua negara. “ Ini langkah yang yang baik, pemerintah Singapura telah memberikan kesempatan kepada Telkom untuk berbisnis di sini,” katanya.

Sementara itu, Menteri Komunikasi dan Informasi Singapura Janil Puntucheary mengatakan data center ini dibangun dengan tujuan mendukung pertumbuhan ekosistem data center dalam rangka memanfaatkan peluang-peluang guna mendukung Smart Nation.

“Kami mendorong Telin Singapore sebagai bagian dari ekosistem ini untuk mendapatkan manfaat dari infrastruktur backbone yang kuat di tempat ini.”ujarnya

Kehadiran Telin-3 melengkapi data center yang telah dimiliki TelkomGroup saat ini di Indonesia seluas 100.000 meter persegi dengan klasifikasi Tier-III yang berlokasi di Serpong Tangerang, Sentul, dan Surabaya, juga klasifikasi Tier-IV yang berlokasi di Jatinegara serta Data Center lainnya di banyak lokasi di area Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Riendy Astria
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper