XL Genjot Pembangun Fiber Optik di Kalimantan

Agnes Savithri
Senin, 22 Agustus 2016 | 19:58 WIB
Kantor PT XL Axiata Tbk/Istimewa
Kantor PT XL Axiata Tbk/Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA−PT XL Axiata Tbk membangun jaringan Fiber Optik (FO) sepanjang 3.000 KM di sepanjang wilayah Kalimantan. Lebih dari 1.000 KM di antaranya telah rampung dan mulai beroperasi.

Direktur/Chief Service Management Officer XL Yessie D Yosetya mengungkapkan Kalimantan menjadi salah satu wilayah yang menjanjikan untuk mengembangkan bisnis mereka.

“Saat ini kami memiliki total pelanggan sekitar 1,3 juta di seluruh Kalimantan. Jumlah ini diikuti dengan tingkat pertumbuhan yang positif,” paparnya, Senin (22/8).

Yessie menambahkan beberapa proyek pembangunan kabel yang baru dibangun antara lain sepanjangan Banjarmasin hingga Balikpapan mencapai 900 km.

Jaringan FO tersebut akan digunakan untuk mendukung jaringan LTE, jaringan transmisi backbone, backhaul dan access. Sebagian besar proyek pembangunan FO tersebut dilakukan sendiri sementara sebagian lagi dengan menjalin kerjasama pembangunan dengan pihak lain dalam skema partnership.

Jaringan FO operator grup Axiata di Kalimantan tersebar di Takesung, Banjarmasin, Balikpapan, Sangatta, Pontianak, Singkawang, Samarinda, Sampit, Pangkalan Bun, serta Bontang. Total panjang FO milik XL di Kalimantan lebih dari 1.600km yang mencakup jaringan backbone, backhaul dan access

Dari sisi kendala, pembangunan FO di Kalimantan terutama berupa lahan yang  sebagian besar berupa gambut sehingga kabel FO rawan terbakar apabila terjadi kebakaran lahan.

Secara teknis, fungsi dari FO dalam korelasinya dengan layanan kepada pelanggan adalah sebagai jaringan utama backbone. Jaringan FO berfungsi membawa trafik berkapasitas besar dalam kecepatan tinggi. Jaringan ini bisa di-upgrade sesuai dengan perkembangan teknologi, tanpa gangguan interferensi radio.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Agnes Savithri
Editor : Rustam Agus
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper