Tri Gandeng Telkom Hadirkan Data Center di Sentul

Agnes Savithri
Kamis, 28 April 2016 | 16:09 WIB
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA— PT Hutchison 3 Indonesia (H3I) menggandeng PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) menyediakan data center yang berlokasi di STO Telkom Sentul sebagai bagia dari ekspansi kapasitas dan optimalisasi layanan telekomunikasi seluler Tri.

Vice President Director H3I Muhammad Danny Buldansyah mengungkapkan pengembangan data center ini agar operasional dan pengelolaan infrastruktur berjalan lancar.

“Kemitraan ini sangat menunjang komitmen kami khususnya bagi operasional pengelolaan infrastruktur. Kedepannya kami berharap dapat memanfaatkan lebih banyak lagi layanan Telkom sebagai fasilitas tambahan untuk melayani seluruh pelanggan Tri,” ujarnya Kamis (28/4) di Jakarta.

Data Center Sentul merupakan data center ke-3 yang dimiliki Tri di wilayah Jabodetabek setelah Menara Mulia dan Plaza Kuningan. Data center terbaru ini akan berfungsi sebagai pusat integrasi jaringan IT dan  network, sekaligus berfungsi sebagai Disaster Recovery Center (DRC) yang sebelumnya telah juga didirikan di dua lokasi pertama.

Perluasan data center ini sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas layanan telekomunikasi selular baik untuk layanan data, telepon dan SMS. Data Center Sentul ditempakan di gedung dan lahan seluas 758 meter persegi milik STO TELKOM.

Tahap selanjutnya dari kerja sama ini adalah untuk penempatan sarana telekomunikasi lainnya seperti Metro Ethernet, IP Transit yang akan mendukung operasional Data Center Sentul kedepannya.

“Kami sangat terbuka dengan kemitraan dengan operator telekomunikasi lainnya yang dapat menunjang operasional infrastruktur dan optimalisasi layanan, serta menciptakan iklim efesiensi di Industri sejalan dengan himbauan pemerintah,” ujar Danny.

Danny menambahkan pihaknya tengah menjajaki operator plat merah tersebut untuk membuka data center di wilayah Kalimantan. Pasalnya, operator grup Hutchison ini beroperasi di wilayah tersebut tetapi tidak memiliki data center.

“Sampai akhir 2016 ini kami menargetkan dapat menambah satu data center lagi di wilayah Kalimantan. Tetapi rencana tersebut masih dalam tahap penjajakan,” tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Agnes Savithri
Editor : Rustam Agus
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper