KTT Asean-AS: Tiga CEO Dunia Tekankan Teknologi Bermanfaat Bagi Rakyat

Irene Agustine
Selasa, 16 Februari 2016 | 10:31 WIB
Menlu Retno LP Marsudi (kiri)./JIBI-Akhirul Anwar
Menlu Retno LP Marsudi (kiri)./JIBI-Akhirul Anwar
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menyatakan tiga CEO yang hadir dalam sesi II Retreat I ASEAN-US Summit menekankan pentingnya penggunaan teknologi bagi pemerintah untuk meningkatkan pelayanan masyarakat sekaligus meningkatka perekonomian.

Ketiga CEO yang diundang oleh Presiden Amerika Serikat Barack Obama tersebut adalah CEO Microsoft Satya Nadella, CEO IBM Ginni Rometty dan CEO CISCO Chuck Robbins.

“Ketiga CEO memberikan pandangan terhadap isu inovasi dan entrepreneurship,” kata Retno, dikutip dari keterangan resmi Tim Komunikasi Presiden, Selasa (16/2/2016).

Retno mengatakan ketiga CEO menekankan arti penting kemitraan antara pemerintah dengan swasta dalam bentuk Public Private Partnership. Selain itu, para CEO memandang penting regulatory environment.

Terhadap apa yang disampaikan oleh tiga CEO, Presiden Obama secara khusus memberikan pandangan yg diambil dari pernyataan Presiden Joko Widodo bahwa teknologi harus dapat memberdayakan UMKM dan mempersempit gap pembangunan.

Tahun ini, potensi ekonomi digital Indonesia mencapai US$ 24,6 miliar atau berpotensi naik dua kali lipat dari pencapaian transaksi e-commerce pada 2014 sebesar US$12 miliar.

Belum lama ini, pemerintah telah meluncurkan Roadmap E-commerce Nasional dengan nilai USD 130 milyar dan menciptakan 1000 tecnopreneurs dengan nilai bisnis USD 10 milyar pada tahun 2020. Diharapkan, roadmap tersebut menjadi lompatan awal untuk mendorong inovasi teknologi sehingga bermanfaat bagi rakyat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Irene Agustine
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper