Investasi Big Data Makin Marak. Ini Alasan 75% Perusahaan Akan Meliriknya

Thomas Mola
Kamis, 17 September 2015 | 22:44 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Gartner, lembaga riset teknologi memperkirakan 75% perusahaan akan berinvestasi di bidang big data. Investasi big data dinilai penting untuk mendapatkan informasi, menganalisa data, dan membantu perencanaan pemasaran yang lebih tepat sasaran.

Survei yang dilakukan Gartner menjelaskan pada tahun 2015 investasi bidang big data mulai meningkat. Selama tahun 2014 investasi big data tercatat meningkat 3%.

"Topik mengenai big data mulai meluas dan menjadi solusi yang umum. Perusahaan-perusahan yang berinvestasi big data, 70% memanfaatkan untuk analisis atau membuat perencanaan," ujar Direktur Riset Gartner Nick Heudecker dalam keterangan resmi, Kamis (17/9/2015).

Dia menjelaskan pemanfaatan big data lebih diarahkan untuk meningkatkan pengalaman konsumen. Gartner mencatat mayoritas perusahaan menggunakan big data untuk pemasaraan.

"Karena big data menjadi suatu yang baru, informasi dan analisis menjadi nilai tambah," ujar Lisa Kart Direktur Riset Gartner.

Adapun, big data adalah suatu proses penghimpunan pelbagai data yang tersebar di Internet dan lainnya untuk menjadikan data itu terstruktur. Analis big data misalnya dapat memberi rangkuman informasi terstruktur terkait pembicaraan masyarakat tentang suatu perusahaan baik di jejaring sosial, blog, dan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Thomas Mola
Editor : Saeno
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper